Anda Sudah Vaksin Booster? Kini Sudah Bebas, Bisa Saksikan Langsung Pertandingan Olahraga

JAKARTA - Menteri Koodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut pemerintah melonggarkan pembatasan kegiatan pertandingan olahraga.

Saat ini, semua kompetisi olahraga telah diperkenankan menerima penonton untuk hadir ke lokasi pertandingan secara langsung. Sebelumnya, pemerintah tidak mengizinkan kompetisi olahraga untuk dihadiri penonton.

"Seluruh kegiatan kompetisi olahraga dapat menerima penonton," kata Luhut dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 7 Maret.

Tapi, ada syarat yang mesti dipenuhi oleh penonton. Penonton yang diperkenankan adalah mereka yang sudah melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster. Lalu, akses masuknya menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Kemudian, kapasitas gelaran pertandingan dibatasi sesuai dengan penerapan PPKM pada daerah yang menyelenggarakan kompetisi tersebut.

"Kapasitas masing-masing sebagai berikut, Level 4 25% persen, Level 3 50 persen, Level 2 75 persen, dan Level 1 100 persen," ucap Luhut.

Seiring dengan hal itu, Luhut mendorong kepada seluruh wilayah kabupaten/kota untuk meningkatkan cakupan vaksinasi booster. Sebab, saat ini capaiannya masih di bawah 10 persen.

"Saya juga memohon dan meminta kesediaan masyarakat untuk kembali mendatangi gerai-gerai vaksin yang tersedia demi pulihnya dan membaiknya penanganan pandemi ini," ujar Luhut.

Lebih lanjut, Luhut mengungkapkan bahwa setiap kebijakan yang pemerintah ambil hingga hari ini tentunya diberlakukan atas dasar dan masukkan dari para pakar dan ahli di bidangnya.

"Selain itu, semua peta jalan yang dibuat hingga hari ini juga tetap diberlakukan dengan prinsip kehati-hatian dan tetap menjunjung tinggi tahapan yang sering kami sampaikan yakni bertahap, bertingkat, dan berlanjut untuk memitigasi hal-hal yang tidak diinginkan," imbuh dia.