Reddit Bawa Deretan Fitur Baru di Talk untuk Salip Pasar Clubhouse

JAKARTA - Setelah hampir setahun memperkenalkan Reddit Talk, yang mirip dengan Clubhouse, kini perusahaan memperluas obrolan audio langsungnya ke desktop dan menambahkan beberapa fitur baru untuk membuat percakapan lebih mudah ditemukan dan diikuti.

Saat pertama kali diluncurkan April lalu, obrolan audio hanya tersedia di ponsel dan pengguna Reddit harus mendengarkan secara langsung jika mereka ingin menangkap percakapan.

Namun sekarang berubah, karena Reddit Talk sekarang sudah tersedia di browser desktop, dan saat ini obrolan dapat direkam sehingga pengguna bisa mendengarkan percakapan kembali setelah itu berakhir.

Selain itu, platform ini juga memberi pendengar kemampuan untuk berkomunikasi dengan teks dan emoji secara real time. Sebelum perubahan ini, pengguna hanya dapat mengangkat tangan saat ingin berbicara.

Dengan menambahkan dua cara tambahan untuk berkomunikasi tersebut akan membuat pembicaraan lebih menarik, terutama jika beberapa pengguna ingin berkomentar tetapi tidak ingin menggunakan mikrofon.

“Dalam tiga bulan terakhir, kami telah melihat pertumbuhan lebih dari 250 persen dalam pendengar aktif harian Reddit Talk,” ungkap Reddit dalam blog resminya seperti dikutip dari TechCrunch, Rabu, 10 Februari.

Selain itu, Reddit mengakui obrolan audio langsungnya telah memiliki lebih dari 1.000 subreddit (atau komunitas), termasuk pembicaraan dalam r/cryptocurrency dengan investor Kevin O'Leary, dan sesi r/film dengan stuntmen dari franchise Jackass.

Selanjutnya, Reddit juga membuat obrolan audio lebih mudah ditemukan dengan menambahkan live bar ke bagian atas aplikasi, menyoroti percakapan yang sedang berlangsung, mirip dengan cara Twitter mendorong obrolan langsung Twitter Spaces ke atas timeline penggunanya.

Perlu dicatat, untuk menggunakan Reddit Talk hanya moderator yang bergabung dalam daftar tunggu yang dapat menyelenggarakan sesi audio saja, sepertinya Reddit juga tidak berencana untuk membiarkan pengguna biasa mengambil kendali di Talk.

Kedatangan deretan fitur ini, semakin jelas bahwa Reddit sedang mendorong audio langsungnya menjadi bagian yang lebih sentral dari platformnya.