Aktivitas Dibatasi Aturan Karantina, Tim Bulu Tangkis Indonesia Bersemangat Latihan di Kamar Hotel

JAKARTA – Harus menjalani karantina rupanya tidak menghambat persiapan tim Indonesia untuk Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. Mereka punya opsi berlatih secara mandiri di kamar tempat menginap.

Tim Indonesia bertolak ke Kuala Lumpur pada Senin, 7 Februari kemarin. Setiba di sana aktivitas mereka langsung dibatasi oleh aturan karantina negara tersebut sehingga tidak bisa keluar kamar.

Meski harus mendekam di dalam kamar, Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan tidak kehilangan semangat berlatih sesuai materi yang diberikan pelatih fisik Yansen Alpine lewat video di grup WhatsApp.

"Kegiatan latihan di kamar masing-masing ini tujuannya untuk merelaksasi otot-otot setelah kemarin atlet menempuh perjalanan terbang dari Jakarta ke Kuala Lumpur dan mengikuti berbagai tahap administrasi protokol kesehatan," kata Yansen dalam keterangan resmi yang diterima VOI.

"Selain itu, juga ada latihan conditioning dengan gerakan-gerakan senam dengan metode tabata untuk menjaga kondisi dan dilanjutkan dengan pendinginan," ia melanjutkan.

Pebulu tangkis tunggal putri Stephanie Widjaja mengaku bahwa berlatih di dalam kamar memang tidak leluasa baginya. Kendati demikian, dirinya tetap mencoba maksimal menjalankan program dari pelatih.

"Hari ini saya dan tim masih dikarantina setelah tiba di Malaysia. Karena belum bisa keluar kamar selama lima hari ke depan, maka pelatih fisik memberikan saya program latihan. Saya akan berlatih secara maksimal, makan dijaga, dan istirahat cukup," kata Stephanie.

Hasil undian Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu sudah rampung digelar pada Selasa, 8 Februari. Baik tim putra dan putri bakal menghadapi tantangan berat karena berada satu grup dengan Korea Selatan.

Hasil undian menempatkan tim putra Indonesia ke dalam Grup A bersama India, Korea Selatan, dan Hong Kong. Sementara itu, Grup B diisi Jepang Malaysia, Singapura, dan Kazakhstan.

Pada sektor putri, tim Indonesia yang dipimpin Gregoria masuk dalam Grup Z bersama Korea Selatan, Hong Kong, dan Kazakhstan, sedangkan di Grup Y diisi Jepang, India, dan Malaysia.

Kejuaran yang menjadi kualifikasi Piala Thomas dan Uber ini akan berlangsung pada 15-20 Februari nanti. Indonesia datang sebagai juara bertahan pada sektor tim putra setelah menjadi juara pada edisi 2020 lalu usai mengalahkan Malaysia di final.