Champ Resto Dapat Duit Rp368,33 Miliar, Investasi Investor Malah Minus 6,47 Persen

JAKARTA - PT Champ Resto Indonesia Tbk bikin panik para investornya. Baru saja memulai perdagangan perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari ini (Selasa, 8 Februari), saham Champ Resto dengan kode ENAK justru terjun bebas.

Mengutip data perdagangan, saham ENAK turun 6,47 persen atau mencapai batas bawah penurunan harga saham (auto rejection bawah/ARB). Harga saham ENAK turun dari Rp850 menjadi Rp795.

Tercatat, saham ENAK ditransaksikan dengan frekuensi 6.699 kali dengan nilai transaksi Rp13,6 miliar.

Seperti diketahui, Champ Resto merupakan perusahaan tercatat ke-6 yang tercatat di BEI pada tahun ini. Saham ENAK masuk dalam deretan saham yang bergerak pada sektor consumer cyclicals dengan sub sektor consumer services.

Adapun industri ENAK adalah tourism & recreation dengan sub industri restaurants.

Sekadar mengingatkan, mengutip keterangann BEI, Champ Resto melepas 433,33 juta saham yang terdiri dari saham baru sebanyak 166,66 juta dan saham divestasi 266,66 juta. Harga perdana yang ditawarkan Rp850 per saham.

Dengan begitu, Champ Resto bakal meraup dana Rp368,33 miliar dalam aksi IPO ini.

Champ Resto didirikan pada tahun 2010, dan hingga kini telah menjadi perusahaan grup restoran yang memiliki 6 restoran milik sendiri.

Di antaranya, Raa Cha (Suki and BBQ), Gokana (masakan Jepang), BMK (masakan Indonesia), Platinum (masakan barat dan fusion), Chopstix (masakan Asia) dan Monsieur Spoon (bakery dan café). Hingga akhir Desember 2021, Champ Resto mengoperasikan 276 outlet yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi.