49 Pegawai Positif COVID-19, Kominfo Perpanjang WFH

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memperpanjang masa kerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Menyusul laporan 49 pegawai Kominfo yang dinyatakan positif COVID-19.

Keputusan untuk perpanjang WFH diambil untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan Kominfo. Kantor Kominfo yang berada di Jalan Medan Merdeka Barat No.9 itu sejatinya telah ditutup sementara atau lockdown, sejak Jumat 28 Agustus lalu.

"Penutupan Kantor Pusat Kominfo diperpanjang sampai tanggal 11 September 2020 ini. Dan akan mulai bekerja lagi pada tanggal 14 September 2020, selanjutnya akan kita terus evaluasi keadaannya," ungkap Johnny dalam keterangan resminya, Senin 7 September. 

Angka ini dilaporkan bertambah, di mana sebelumnya hanya ada tujuh orang pegawai Kominfo yang dilaporkan positif COVID-19. Dari 49 pegawai, sebanyak 18 di antaranya telah sembuh dan tidak ada laporan yang meninggal karena COVID-19.

Selama Kominfo lockdown, Johnny akan berkantor di rumah dinas Widya Chandra bersama jajaran staf Kominfo lainnya. Lainnya, Johnny juga menyampaikan pesan kepada karyawan yang tengah menjalani pemulihan agar tidak lelah berjuang untuk lekas sembuh. 

"Saya menyampaikan simpati yang sangat mendalam kepada rekan-rekan Kominfo yang sedang dalam masa pemulihan dari COVID-19. Saya juga ingin mengingatkan bahwa anda tidak sendiri, saya dan jajaran pimpinan kominfo ada persamaan dan sekalian, sehingga jangan sungkan menghubungi atasan atau kolega jika Anda perlu bantuan," ujar Johnny.

Sementara itu, Johnny juga mengingatkan agar masyarakat tidak menganggap enteng COVID-19. Pria yang akrab disapa bang Johnny itu juga menegaskan akan selalu mengulang pesan menerapkan protokol kesehatan agar bisa dilaksanakan secara disiplin.

"Bukan berarti COVID-19 tidak bisa kita lawan. COVID-19 bisa di atasi dengan tuntas asalkan kita semua mau bergotong-royong mematuhi protokol kesehatan 3M.

Menkominfo Johnny juga tak lupa mengingatkan baik masyarakat atau pegawai Kominfo untuk selalu menerapkan pendekatan 4M, yakni masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan orang. Termasuk menunda kunjungan ke tempat-tempat ramai jika tak diperlukan. 

"Pastikan masker menutup area hidung, area mulut hingga. Hindari menyentuh bagian luar masker dan jangan turunkan masker masker ke dagu. Masker adalah senjata penting kita untuk melawan penularan Covid-19. Dan akan jauh lebih baik jika dibarengi dengan penggunaan face shield," pungkasnya.