Regulator Keamanan Mobil AS Selidiki Fitur Passenger Play dari Tesla yang Ganggu Keamanan Mengemudi

JAKARTA – Regulator keamanan mobil di AS pada Selasa, 15 Januari mengatakan bahwa mereka telah mencari informasi tambahan dari Tesla Inc terkait penyelidikannya terhadap 580.000 kendaraan atas keputusan pembuat mobil tersebut yang mengizinkan permainan atau gim dimainkan oleh penumpang di layar sentuh atau kaca tengah depan.

Pada Desember lalu, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) membuka evaluasi awal untuk kendaraan Tesla Model 3, S, X, dan Y 2017-2022 atas fitur "Passenger Play" dari kendaraan tersebut yang menurut agensi "dapat mengalihkan perhatian pengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan."

NHTSA menginginkan catatan laporan kecelakaan apa pun yang terkait dengan fitur tersebut dan agar Tesla memberikan kronologi peristiwa dan studi yang mendukung penilaian risikonya "dalam penggunaan tugas-tugas terkait kursi depan non-mengemudi dari perangkat berbasis di dalam kendaraan bahkan jika tugas tersebut dimaksudkan hanya untuk penumpang kursi depan."

Tesla sendiri tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters tentang masalah ini. Pasalnya fitur tersebut ditengarai bisa mengganggu pengemudi, meski mereka tidak terlibat dalam memainkan gim di kaca depan.

NHTSA mengatakan pada Desember lalu bahwa mereka telah "mengonfirmasi bahwa kemampuan ini telah tersedia sejak Desember 2020 di kendaraan yang dilengkapi Tesla 'Passenger Play'." Sebelumnya, fitur game "hanya diaktifkan saat kendaraan berada di taman parkir". Namun ada beberapa yang bisa digunakan bahkan saat mobil melaju di jalan raya.

Pada 23 Desember, Tesla mengatakan kepada NHTSA bahwa mereka akan berhenti mengizinkan video gim tersebut dimainkan di layar kendaraan saat mobilnya bergerak, kata agensi tersebut.

“Tesla memberi tahu kami bahwa pembaruan perangkat lunak akan mengunci fitur "Passenger Play" dan membuatnya tidak dapat digunakan saat kendaraan bergerak,” kata NHTSA seperti dikutip Reuters.

NHTSA meminta Tesla untuk menjawab pertanyaan pada 4 Maret termasuk memberikan "jumlah perjalanan di mana penggunaan gim terjadi saat indikator shift sedang mengemudi juga menyala" dan termasuk penggunaan di mana sensor kendaraan tidak mendeteksi penumpang di kursi penumpang depan. Ia juga menginginkan data di mana "permainan itu bersamaan dengan tindakan intervensi pengemudi atau tindakan keselamatan aktif."

Badan tersebut pada Agustus lalu membuka penyelidikan keselamatan ke 765.000 kendaraan Tesla atas sistem bantuan pengemudi Autopilot setelah serangkaian kecelakaan yang melibatkan sistem dan kendaraan darurat yang diparkir.

Evaluasi awal ini adalah langkah pertama sebelum NHTSA memutuskan apakah akan meningkatkan penyelidikan ke analisis teknik, yang harus dilakukan sebelum agensi dapat meminta penarikan kembali.

Pada 29 November, Mercedes-Benz Daimler telah menarik 227 kendaraan di AS karena sistem infotainment kendaraan yang "mungkin atau memungkinkan aktivasi layar televisi dan internet saat mengemudi, yang bisa menyebabkan gangguan bagi pengemudi."

Pada tahun 2013, NHTSA mengeluarkan pedoman untuk meminta pembuat mobil "untuk mempertimbangkan keselamatan dan pencegahan gangguan pengemudi ke dalam desain mereka dan adopsi perangkat infotainment di kendaraan."