Elon Musk Akui Sistem Kemudi Otonom Tesla Belum Dapat Sertifikasi
Tesla belum dapat sertifikasi mengemudi otonom. (foto: twitter @tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Perangkat lunak asisten pengemudi canggih milik Tesla Inc  tidak akan mendapatkan persetujuan sesuai peraturan pada tahun 2022. Hal ini dikatakan CEO Elon Musk  dalam sambutannya, yang menunjukkan perusahaannya belum dapat memuaskan pihak berwenang bahwa mobilnya dapat dikendarai tanpa sopir di belakang kemudi.

Pembuat mobil asal Silicon Valley ini menjual perangkat lunak tambahan senilai  15.000 dolar AS yang disebut "Full Self-Driving" (FSD) yang memungkinkan kendaraannya berpindah jalur dan parkir secara mandiri. Fitur itu  melengkapi fitur "Autopilot" standarnya yang memungkinkan mobil untuk mengarahkan, mempercepat, dan mengerem di dalam jalurnya tanpa campur tangan pengemudi.

Namun, mobil tetap harus dikendarai dengan pengawasan manusia. Kendaraan yang sepenuhnya otonom akan membutuhkan persetujuan sesuai peraturan.

Musk mengatakan dalam laporan pasca-pendapatan pada  Rabu, 19 Oktober  bahwa semua pengguna FSD di Amerika Utara akan mendapatkan versi yang ditingkatkan pada akhir tahun. Ia juga  menambahkan bahwa sementara mobilnya tidak siap untuk tidak memiliki siapa pun di belakang kemudi, namun pengemudi jarang harus menyentuh kontrol.

"Mobil akan dapat membawa Anda dari rumah ke tempat kerja Anda, rumah teman Anda, toko kelontong tanpa Anda harus menyentuh kemudi," kata Musk yang dikutip Reuters.

"Ini masalah terpisah apakah akan ada persetujuan regulasi. Saat itu belum ada persetujuan regulasi," tambahnya.

Musk juga mengatakan Tesla berharap dapat memberikan pembaruan ke FSD pada 2023 untuk menunjukkan kepada regulator bahwa mobil itu jauh lebih aman daripada rata-rata sopir manusia.

"Musk membuka kemungkinan Tesla akan memiliki jalan yang lebih sulit untuk mendapatkan persetujuan untuk FSD mengingat NHTSA dan pengawasan lainnya yang lebih ketat," kata Craig Irwin, seorang analis di Roth Capital.

Teknologi FSD Tesla Belum Siap

Regulator keselamatan otomatis telah lama berselisih dengan Tesla atas sistem mengemudinya yang sebagian otomatis. Sejak 2016, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) telah membuka 38 investigasi khusus terhadap kecelakaan yang melibatkan kendaraan Tesla yang telah mengakibatkan 19 kematian, guna melihat apakah perangkat lunak merupakan faktor penyebabnya.

"Terjemahan: Ketegangan antara NHTSA dan Tesla akan meningkat pada akhir tahun dan Tesla akan bergerak maju," kata Gene Munster, mitra pengelola di perusahaan modal ventura Loup Ventures, yang memiliki saham Tesla.

Penamaan perangkat lunak Tesla juga telah menimbulkan kekhawatiran, saat pembuat mobil itu dituduh oleh regulator transportasi negara bagian California melakukan iklan palsu karena fitur tersebut tidak memberikan kontrol kendaraan otonom penuh.

Situs web Tesla mengatakan kedua teknologi "memerlukan pengawasan pengemudi yang aktif," dengan pengemudi "penuh perhatian" yang tangannya berada di atas kemudi, "dan tidak membuat kendaraan menjadi otonom".

Beberapa analis mengatakan,  bahwa masalah utama Tesla bukanlah regulator tetapi perangkat lunak itu sendiri, mengingat kompleksitas mengemudi otonom saat ini.

"Hambatannya adalah teknologinya. Ini bukan tentang persetujuan teknologi itu," kata Bryant Walker Smith, seorang profesor hukum di University of South Carolina.

Tesla telah berulang kali melewatkan target yang ditetapkan sendiri untuk kendaraannya untuk mencapai kemampuan mengemudi sendiri sepenuhnya. Ini adalah  sebuah fungsi yang dikatakan oleh Musk   akan menjadi "sumber profitabilitas terpenting bagi Tesla."