Libur Tahun Baru, Pengunjung Kawasan Wisata TMII Melonjak Hingga 1500 Orang

JAKARTA - Kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur mulai dipadati pengunjung saat hari libur awal tahun baru 2022. Para pengunjung datang dari berbagai daerah untuk berlibur bersama keluarga.

Antrian calon pengunjung juga terjadi di pintu masuk TMII. Para pengunjung menunggu giliran untuk memasuki salah satu tempat wisata di Jakarta tersebut.

Padahal, para calon pengunjung yang ingin berlibur ke lokasi wisata di Jakarta Timur ini harus memesan tiket melalui online terlebih dulu. Namun karena antusias masyarakat yang tinggi, antrian kendaraan juga mengular panjang di pintu masuk itu. Sementara para pengunjung memanfaatkan hari libur tahun baru ini untuk berlibur bersama keluarga.

Menurut Rizal, salah satu pengunjung TMII mengatakan, dirinya datang bersama keluarga untuk berwisata memanfaatkan hari libur.

"Karena liburan keluarga, jadi ya ke Taman Mini. Tadi di scan vaksinasi dan dicek prokes. Harapan semoga engga ada kendala, baik-baik aja," kata Rizal, pengunjung asal Tangerang di TMII, Sabtu 1 Januari.

Hal senada juga dikatakan Atin, pengunjung lainnya. Atin datang bersama suami dan orangtuanya ke Taman Mini untuk membahagiakan orangtua yang datang dari kampung halaman.

"Dalam rangka nyenengin orangtua, dari kampung mau main. Tujuannya mau ke taman mini dulu. Pas tanggal merah hari libur dan suami juga libur," ujarnya.

Pengunjung yang datang harus mengikuti protokol kesehatan yang sudah diterapkan. Pemeriksaan kesehatan itu dilakukan oleh petugas dengan penjagaan ketat sejak memasuki kawasan wisata itu.

Kabag Humas TMII Adi Widodo mengatakan, sejak pukul 10.00 WIB jumlah pengunjung TMII tercatat ada 1.500 orang yang datang. Untuk mengantisipasi antrian panjang, pengelola akan menambah petugas.

"Hari ini dan besok penjualan tiket melalui online. Kita akan tambah petugas pengawas prokes dan pelayanan di pintu masuk agar tidak terjadi antrian panjang," katanya kepada wartawan.

Sementara area favorit pengunjung TMII adalah kawasan terbuka atau outdoor dan anjungan daerah. "Jam operasional tutup sampai pukul 15.00 WIB agar tidak terjadi lonjakan pengunjung," ujarnya.