Otoritas AS Gelar Penyelidikan 55 Kasus Infeksi COVID-19 di Kapal Pesiar Odyssey of the Seas Royal Caribbean

JAKARTA - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) sedang menyelidiki kapal Royal Caribbean Odyssey of the Seas karena terus berlayar dengan lebih dari 50 kasus COVID di dalamnya.

"CDC sedang menyelidiki peningkatan baru-baru ini dalam kasus COVID-19 yang diidentifikasi di Royal Caribbean International (RCI) Odyssey of the Seas," juru bicara CDC David Daigle mengatakan kepada USA TODAY Kamis, seperti dikutip 24 Desember.

"Semua kasus tampak ringan atau tanpa gejala. Selain itu, tidak ada rawat inap terkait COVID-19, evakuasi medis, penggunaan ventilator, atau kematian akibat kapal ini," terang CDC.

Lima puluh lima penumpang dan awak dinyatakan positif COVID-19 di kapal pesiar Royal Caribbean Odyssey of the Seas, yang berangkat dari Fort Lauderdale, Florida, pada Hari Sabtu untuk perjalanan Karibia delapan malam, juru bicara Royal Caribbean mengatakan kepada USA TODAY Rabu.

Badan kesehatan itu bekerja sama dengan Royal Caribbean dan akan 'mempertimbangkan banyak faktor', sebelum menandai kapal itu sebagai status 'Merah' dan akan diminta kembali ke pelabuhan.

Pada Kamis sore, Odyssey of the Seas diklasifikasikan sebagai status "Kuning" yang berarti "CDC telah menyelidiki dan kapal tetap dalam pengawasan."

Odyssey of the Seas saat ini berlayar di Karibia dan akan kembali ke Fort Lauderdale pada Hari Minggu.

Kapal pesiar Odyssey of the Seas. (Wikimedia Commons/MichaelBrandSagurna)

Kapal yang kembali sebentar ke pelabuhan pada Minggu untuk menurunkan penumpang dengan COVID-19 itu, membawa 3.587 penumpang dan 1.599 awak. Dengan vaksinasi yang diperlukan di antara semua anggota awak dan tamu berusia 12 tahun ke atas, 95 persen dari mereka yang ada di pesawat telah divaksinasi sepenuhnya, menurut Royal Caribbean.

"Selama pengujian mingguan rutin anggota kru kami yang divaksinasi penuh, ada hasil tes yang kembali positif untuk COVID-19," terang perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh juru bicara Lyan Sierra-Caro Selasa malam.

"Kontak dekat dengan cepat diidentifikasi, dan mereka masing-masing segera dikarantina," sambungnya.

Penumpang dan awak yang dites positif dan kontak dekat mereka dikarantina, menurut Royal Caribbean. Mereka yang dites positif memiliki gejala ringan atau tanpa gejala dan dipantau oleh tim medis di pesawat.

Hari Rabu, Royal Caribbean mengumumkan pelayaran tidak akan berhenti di Curacao atau Aruba seperti yang direncanakan.

"Keputusan itu dibuat bersama dengan pulau-pulau dan sangat berhati-hati, karena tren kasus saat ini di komunitas tujuan dan memiliki kasus positif COVID-19 di kapal, mewakili 1,1 persen dari komunitas di atas kapal," menurut sebuah pernyataan yang dibagikan oleh Sierra-Caro.

Pengujian mingguan anggota awak adalah salah satu protokol di kapal Royal Caribbean, bagian dari "satu set berlapis-lapis langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang komprehensif," jelas pihak perusahaan. Protokol lainnya termasuk peningkatan pembersihan, persyaratan vaksin untuk penumpang dan awak, dan penggunaan masker, antara lain.

Kapal pesiar Odyssey of the Seas. (Wikimedia Commons/Hannes Grobe)

"Dengan sangat hati-hati untuk kesejahteraan tamu dan kru kami, penyesuaian telah dilakukan pada jadwal pertunjukan dan kegiatan Odyssey of the Seas di kapal layar 18 Desember," jelas Royal Caribbean dalam pernyataan yang dibagikan oleh Sierra-Caro.

Untuk diketahui, CDC telah bekerja dengan pakar kesehatan masyarakat global dan mitra industri untuk mempelajari omicron, sebut Daigle.

"Kami masih mempelajari seberapa mudah penyebarannya, tingkat keparahan penyakit yang ditimbulkannya, dan seberapa baik vaksin dan obat yang tersedia bekerja melawannya. Perjalanan pesiar bukanlah kegiatan tanpa risiko," tandasnya.

Kemungkinan tertular COVID-19 di kapal pesiar "tinggi karena virus menyebar dengan mudah di antara orang-orang dalam jarak dekat di atas kapal," sebut Daigle.

CDC menyarankan orang-orang yang tidak sepenuhnya divaksinasi terhadap COVID-19 untuk menghindari perjalanan kapal pesiar, menyarankan wisatawan mendapatkan suntikan booster jika memenuhi syarat.