Pusat Perhatian Muktamar NU Akan Tertuju di Bandar Lampung, Pemilihan Ketum Dipindah dari Lampung Tengah

JAKARTA - Panitia Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) menggeser lokasi pemilihan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) jadi ke Bandar Lampung. Panitia memindah lokasi dari awalnya ada di Pondok Pesantren Darussa'adah Lampung Tengah.

Muktamar NU memang dibagi menjadi 2 lokasi dan 4 tempat terpisah demi protokol kesehatan. Di Lampung Tengah --tempat pembukaan muktamar-- digelar di Pondok Pesantren Darussa'adah. Sedangkan di Bandar Lampung digelar di UIN Raden Intan, Universitas Negeri Lampung, dan Universitas Malahayati.

Jarak antara Lampung Tengah dan Bandar Lampung sendiri cukup jauh. Meski sudah ada akses tol, butuh lebih dari 1 jam untuk bisa mencapai lokasi. Belum lagi jalur menuju lokasi ponpes yang dipenuhi dengan kendaraan berat.

Sedangkan dari akses utama menuju ponpes masih harus menempuh jalur sepanjang lebih dari 1 km. Karena lokasi ponpes yang sebenarnya kurang lahan parkir membuat warga sekitar menutup jalur utamanya. Mereka meminta semua peserta muktamar berjalan kaki sambil menawarkan jasa ojek.

Ini yang membuat para peserta muktamar keberatan.

"Ada pertimbangan-pertimbangan tertentu dari peserta, semata-mata untuk efisiensi," kata Sekretaris Panitia Muktamar NU, Syahrizal Syarif, Kamis 23 Desember.

Meski sudah ada rencana pemindahan lokasi pemilihan ketum PBNU di Bandar Lampung, namun belum ditentukan lokasi pastinya.

"Tempatnya nanti kita serahkan kepada penyelenggara, yang lebih memahami lokasi," tambahnya.