Robot Imut Ini dapat Menaiki Tangga dan Mampu Bertahan di Segala Jenis Medan

JAKARTA - Robot yang bisa menari, menyuntikkan vaksin dan melakukan pekerjaan manusia tampaknya sudah biasa. Kini sebuah perusahaan di Swiss, menciptakan robot yang bisa menaiki tangga.

Tak hanya itu, robot yang dijuluki Ascento Pro ini dapat melaju juga dengan kecepatan hingga 7,5 mil per jam. Kemampuan robot ini merupakan ide dari perusahaan spin-off Swiss Federal Institute of Technology Zürich (ETH Zürich). Namun, diproduksi oleh Ascento Robotics berdasarkan desain karya mereka sebelumnya, Ascento 2.

Ascento Pro yang terlihat seperti bayi beroda mirip AT-ST Walker dari film Star Wars tersebut dapat melakukan inspeksi, pengawasan, dan pengiriman paket last mile.

Meski begitu, tidak diketahui pasti apakah robot tersebut akan dijual secara komersial. Saat ini, Ascento Robotics sedang mengembangkan mobile robot modular, self-balancing yang menggabungkan keserbagunaan kaki dan kecepatan roda.

Lebih lanjut dihimpun dari Daily Mail, Kamis, 16 Desember, desain inti robot kecil ini memiliki roda yang lebih besar dari pendahulunya, yang hanya mampu mencapai 5 mil per jam ke Pro 7,5 mil per jam. Fleksibilitas Ascento Pro memungkinkannya untuk berdiri sendiri dari berbagai posisi jika ia jatuh atau terdorong, dan dapat bertahan berbagai jenis medan.

Dia juga bisa melenturkan kakinya untuk melompati rintangan di jalurnya. Selain itu, Ascento Pro bisa melompat berulang kali bahkan memungkinkan robot untuk terus menaiki tangga.

Acentro Pro berbeda dari versi sebelumnya Ascento 2, para pengembang menambah desain dasar dengan penggabungan mode mengemudi sepenuhnya alias otonom yang didukung oleh kombinasi kamera onboard, pencahayaan, dan penginderaan LiDAR.

Bahkan, Ascento Pro juga mampu menavigasi kembali ke stasiun pengisian dayanya, yang terhubung ke port di bagian bawah bodi utama robot. Robot ini dapat bertahan delapan jam per sekali pengisian daya.

Tentu saja ini merupakan peningkatan yang signifikan dari waktu pengoperasian Ascento 2 selama 1,5 jam. Baterai bekas di Ascento Pro dapat dengan mudah diganti dengan baterai yang terisi penuh untuk menjalankannya kembali.

Kelebihan Ascento Pro tak berhenti di sana, ia juga dapat duduk dengan lembut untuk menghemat daya sambil menunggu instruksi lebih lanjut dari operatornya.

Acento Pro untuk Membantu Pekerjaan Manusia

Dengan berbagai fitur dan kelebihan yang dimiliki, Ascento Pro di masa depan bisa melakukan pengiriman last mile, yakni pergerakan barang dari pusat transportasi skala besar ke penerima di tujuan tertentu.

"Berkat efisiensinya, Ascento dapat membawa barang sejauh beberapa kilometer dan berkat teknologi panjat tangganya juga ke lokasi di mana robot konvensional tidak bisa pergi," ungkap para pengembang.

"Ia dapat membawa benda-benda di atasnya tanpa mengorbankan isinya karena stabilitas dan kekokohannya. Ascento jauh lebih cepat daripada platform lain, yang menjadikannya kandidat ideal untuk pengiriman jarak jauh yang efisien," imbuhnya.

Para pengembang menambahkan, kemungkinan Ascento Pro dapat juga membantu dalam pengiriman makanan, pengantaran surat dan pengangkutan sampel laboratorium untuk rumah sakit.