Bagikan:

JAKARTA - Toyota Research Institute membuat inovasi robot yang bisa mendeteksi permukaan transparan dan reflektif. Robot ini dirancang untuk membantu pekerjaan rumah tangga.

Perusahaan mengungkapkan robot sering kali tidak dapat mendeteksi permukaan yang transparan, dan kini Toyota menemukan solusinya. Kebanyakan robot sejatinya diprogram untuk bereaksi terhadap objek dan geometri di depannya, namun tidak dapat membedakan antara objek yang sebenarnya dan pantulannya.

Sesuatu seperti gelas minum atau pemanggang roti dengan permukaan mengkilap dapat mencegah robot yang dibuat untuk bekerja di rumah melakukkan tugas mereka dengan benar.

Untuk mengatasi masalah itu, Toyota mengembangkan metode pelatihan baru yang memungkinkan robot untuk memahami geometri 3D dari pemandangan sambil juga mendeteksi objek dan permukaan.

"Melatih robot untuk memahami cara beroperasi di lingkungan rumah menimbulkan tantangan khusus karena keragaman dan kompleksitas rumah kita di mana tuas-tugas kecil dapat menambah tantangan besar," ungkap wakil presiden Toyota Research Institute, Max Bajracharya seperti dikutip dari Engadget, Selasa 29 Juni.

Dalam video tampak robot buatan Toyota melihat geometri 3D dari berbagai elemen di sebuah rumah. Ini memungkinkannya mengenali semua jenis permukaan yang dapat dibersihkan, seperti meja dan semacamnya. Robot bahkan dapat mendeteksi kacamata transparan dan memindahkannya ke samping.

Tim peneliti juga bertujuan untuk mengembangkan kemampuan robot untuk memperkuat kemampuan manusia, sehingga mesin dapat membantu orang-orang. Perkembangan ini merupakan langkah besar untuk mencapai tujuan tersebut.