Masuk 4 Gereja di Solo, Gibran Detail Tinjau SOP Prokes, Pastikan Keamanan dan Kenyamanan Jelang Natal Terjamin

SOLO - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka didampingi Komandan Kodim 0735/Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono dan Kapolres Surakarta Kombes Ade Safri Simannjutak meninjau beberapa gereja di Solo jelang perayaan Natal tahun ini. 

Empat gereja yang dikunjungi yakni Paroki Santo Paulus Kleco, Santo Petrus Purwosari, Gereja Babtis Indonesia (GBI) Penumping, dan GKI Kabangan Solo. Gibran secara detail melihat persiapan gereja-gereja baik standar operasional prosedur (SOP) penerapan protokol kesehatan dan keamanan.

Gibran menyebutkan, pihak gereja sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik seperti menyiapkan kartu Misa untuk umatnya selama pandemi COVID-19.

"Hal ini, sudah berjalan sejak pandemi COVID-19. Yang jelas SOP di Gereja Paroki Santo Paulus Kleco sudah ketat sekali. Saya tadi melihat pengaturan kursi umat sudah ada tandanya dan disiapkan juga ruang kesehatan," kata Gibran di Solo, Antara, Kamis, 16 Desember.

Bahkan, pihak gereja juga menyiapkan fasilitas streaming untuk umat yang sakit sehingga tidak perlu memaksakan diri datang  cukup mengikuti ekaristi Natal dari rumah.

Menyinggung soal keamanan pada perayaan Natal, kata Gibran, berkat dukungan dari Komandan Kodim 0735/Surakarta dan Kepala Polresta Surakarta dipastikan kondisi aman semuanya.

"Yang jelas SOP di gereja-gereja sudah baik dan hal ini sudah diterapkan sejak pandemi COVID-19 hingga sekarang sehingga dapat berjalan lancar," tambah Gibran

Gibran mengatakan soal kode batang PenduliLindungi di gereja yang belum ada akan dipasang secepatnya. "Kami pastikan semua aman, nyaman dan masalah COVID-19 sudah hampir tidak ada penambahan kasus lagi," katanya.