Panglima TNI-Kapolri Kompak Kawal Keamanan Natal
Ketua DPR Puan Maharani bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa/FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyambangi Gereja Katedral Jakarta saat Misa Natal. Tujuannya, memastikan penerapan keamanan dan protokol kesehatan (prokes) berjalan sesuai aturan.

"Memonitor dan melihat bagaimana pelaksanaan kami dalam hal menyelenggarakan rangkaian prokes mulai dari proses masuk kemudian penggunaan aplikasi PeduliLindungi sampai dengan pengaturan giat di dalam gereja sebagaimana diatur," ujar Jenderal Sigit kepada wartawan, Jumat, 24 Desember.

Pemeriksaan ini dilakukan karena kondisi masih masa pandemi COVID-19. Meski angka penularannya sudah menurun jika dibandingkan dengan beberapa bulan lalu.

Apalagi semua kegiatan di ruang publik sudah diatur dalam Inmendagri nomor 66 tahun 2021. Di mana, kegiatan di tempat peribadatan hanya diperbolehkan diikuti 50 persen dari kapasitas tempat.

Selain itu, Kapolri juga menekankan bakal memberikan pengamanan maksimal selama perayaan Natal. Sehingga, seluruh umat Kristiani di seluruh Indonesia bisa beribadah dengan nyaman.

"Kami juga dalam kesempatan ini, akan memberikan pelayanan dan pengamanan secara optimal tentunya didukung oleh pak Panglima seluruh jajaran TNI untuk memastikan bahwa seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah perayaan Natal," katanya.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan telah mengerahkan puluhan ribu personel dalam mengamankan perayaan Natal. Dengan begitu keamanan Natal terjamin.

"Secara total TNI mengerahkan hari ini 10.567 personel," kata Andika.

Jenderal Andika menyatakan siap membantu Polri dalam keadaan apapun. Terlebih, perayaan Natal umat Kristiani.

"Kami siap memberikan bantuan kepada Polri untuk mengamankan karena ini adalah hari raya bagi warga negara Indonesia yang beragama Nasrani," kata Andika.