Kementerian Keuangan Donasikan Rp100 Juta untuk Pemulihan Bencana Erupsi Gunung Semeru

JAKARTA – Jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) disebutkan menyalurkan donasi senilai Rp100 juta bagi penanggulangan bencana erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur.

Dalam siaran resmi yang dilansir Rabu 8 Desember, diungkapkan bahwa bantuan ini merupakan bentuk solidaritas dari Program Kementerian Keuangan Peduli tahap awal. Rencananya, bantuan susulan akan tetap dilanjutkan dengan berkoordinasi melalui jajaran kantor vertikal Kementerian Keuangan di Jawa Timur bekerjasama dengan satuan tugas bencana setempat.

Adapun, aksi tanggap bencana ini sesuai dengan arahan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang mengingatkan bahwa periode akhir tahun menjadi saat yang cukup berisiko dari sisi kondisi alam.

“Saya meminta jajaran Kemenkeu untuk bersiaga dalam mekanisme dukungan anggaran APBN maupun TKDD dalam menghadapi bencana alam yang berpotensi meningkat menjelang akhir tahun dan awal tahun,” ujarnya.

Adapun, dukungan materi ini telah dibelanjakan untuk membeli beberapa barang yang dibutuhkan dan langsung disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang. Bantuan yang diberikan berupa terpal, alas kaki, pakaian, makanan, perlengkapan bayi, obat-obatan dan perlengkapan mandi.

Selanjutnya dalam hal diperlukan, Kementerian Keuangan, termasuk Special Mission Vehicle (SMV) atau Badan Layanan Umum (BLU), akan memberikan bantuan kembali sesuai dengan hasil identifikasi kebutuhan masyarakat di lapangan.

Sebagai informasi, Program Kementerian Keuangan Peduli merupakan sebuah program dari pegawai Kementerian Keuangan dalam kebaikan untuk mempererat hubungan sesama anak bangsa.

Program ini bertujuan untuk membantu meringankan beban atas musibah bencana yang terjadi di masyarakat. Dana yang digunakan Kementerian Keuangan Peduli berasal dari sumbangan sukarela pegawai di seluruh unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.