PTPP Salurkan Bantuan untuk Korban Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru Jawa Timur
Foto: Dok. PTPP

Bagikan:

JAKARTA - BUMN konstruksi, PT PP (Persero) Tbk (PTPP) memberikan bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana alam erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Bantuan yang diberikan oleh PTPP tersebut disalurkan di tiga titik lokasi, yaitu Kantor PKK Kecamatan Pronowijo, Pendopo Kantor Bupati Lumajang, dan Desa Jarit Kecamatan Candipuro. Bantuan tanggap darurat pertama untuk erupsi Gunung Semeru diserahkan oleh Tim PTPP kepada Posko Bencana di Kantor PKK Kecamatan Pronojiwo pada Minggu malam 5 Desember.

Bantuan tersebut, terdiri dari makanan siap saji, air mineral, paket sembako, perlengkapan safety, perlengkapan mandi, keperluan anak dan bayi, kebutuhan sandang, dan kebutuhan korban bencana lainnya.

Usai menyerahkan bantuan tersebut, pada Senin 6 Desember pagi, Tim PTPP bergerak untuk menyerahkan bantuan kepada Posko Pendopo Wira Arja di Kantor Kabupaten Lumajang dan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang untuk diserahkan langsung ke Desa Terdampak Desa Jarit di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Adapun bantuan yang diberikan tersebut berupa paket sembako, air mineral, perlengkapan mandi, perlengkapan anak dan bayi, masker, dan lain sebagainya. PTPP sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konstruksi dan investasi berinisiasi untuk bergerak cepat membantu korban bencana erupsi tersebut di mana sejalan dengan program Kementerian BUMN dalam penanganan Gerak Cepat Membantu Korban Semeru.

Sementara pada hari ini Selasa 7 Desember, melalui Tim Proyek PTPP kembali menyerahkan bantuan kepada Posko Bencana di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumayang berupa bantuan sembako, keperluan sandang, dan obat-obatan. Tidak hanya itu, Tim Proyek PTPP juga memberikan bantuan erupsi Gunung Semeru kepada Balai berupa bantuan alat berat, yaitu dua unit dump truck, satu unit shafloader, dua unit truk engkel, dan dua unit triton.

PTPP juga berinisiasi untuk mengerahkan bantuan berupa alat berat untuk membantu penanganan bencana alam erupsi di Kabupaten Lumajang. Di mana dalam pemberian bantuan tersebut, PTPP bersinergi dengan Kementerian PUPR untuk membantu pemerintah daerah setempat dan para warga yang menjadi korban bencana alam erupsi Gunung Semeru.

Yuyus Juarsa, Sekretaris Perusahaan PTPP mengungkapkan keprihatiannya atas bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. PTPP menurutnya, akan terus berperan aktif dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam tersebut dalam beberapa hari ke depan.

"Selain itu, PTPP akan terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam menyalurkan bantuan bencana kepada korban erupsi di mana hal ini dilakukan oleh perusahaan sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat Lumajang dan mempercepat pemulihan pasca bencana. Selain itu, pemberian bantuan ini sejalan dengan program BUMN, yaitu "BUMN Untuk Indonesia". Kami berharap bencana ini segera berakhir dan para pengungsi dapat kembali ke rumahnya," ujar Yuyus Juarsa dalam keterangan tertulisnya.