Twitch Luncurkan Alat Pendeteksi Bagi Pelaku Ujaran Kebencian

JAKARTA - Situs streaming langsung milik Amazon.com Inc, Twitch, meluncurkan alat untuk mendeteksi pengguna yang mencoba untuk mengakses saluran di mana mereka telah dilarang. Fitur ini mulai digunakan pada Selasa, 30 November.

Alat baru, yang disebut Deteksi Pengguna Mencurigakan, akan menandai penghindar larangan saluran "kemungkinan" (Likely) atau "mungkin" (possible), sehingga pembuat dan moderator saluran tersebut dapat memutuskan apakah akan mengambil tindakan.

Twitch kini telah berada di bawah tekanan dari pengguna untuk memerangi pelanggaran di situsnya, termasuk pelecehan yang ditargetkan dan apa yang disebut serangan kebencian di mana obrolan streamer dibanjiri dengan pesan-pesan yang melecehkan.

Platform, yang populer di kalangan gamer video, mengatakan bahwa meluncurkan alat tersebut sebagai tanggapan atas umpan balik pengguna tentang perlunya cara untuk memerangi para penghindar larangan dengan lebih baik.

"Ini mengatasi masalah inti pelecehan yang ditargetkan," Alison Huffman, direktur produk untuk kesehatan masyarakat Twitch, mengatakan dalam sebuah wawancara yang dikutip Reuters. "Kami telah mendengar melalui pembicaraan dengan pembuat konten dan moderator mereka dari waktu ke waktu bahwa ini adalah masalah yang terus-menerus bagi mereka."

Huffman mengatakan alat pembelajaran mesin, yang telah dikerjakan oleh Twitch selama beberapa bulan, mendeteksi jenis perilaku pengguna dan karakteristik akun tertentu untuk menandai penghindar larangan potensial.

Alat ini akan diaktifkan secara default untuk semua saluran tetapi dapat disesuaikan atau dinonaktifkan, kata Twitch. Ia juga mengatakan orang dapat secara manual menambahkan pengguna alat yang ingin mereka pantau secara lebih dekat.

Pada bulan September lalu, Twitch menambahkan cara bagi pembuat dan moderator untuk meminta verifikasi telepon dan email sebelum mereka dapat mengirim pesan obrolan, dalam tindakan anti-pelecehan baru. Bulan itu, ia juga mengajukan pengaduan di pengadilan federal AS terhadap dua tersangka pelaku ujaran kebencian.

Awal tahun ini, perusahaan mengatakan akan melarang pengguna untuk pelanggaran berat yang terjadi di luar platformnya.

Pembelajaran mesin, bagian dari kecerdasan buatan, adalah studi tentang algoritma komputer yang dapat ditingkatkan secara otomatis melalui pengalaman dan dengan penggunaan data.