Rencana Reuni 212 di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Mabes Polri Ikut Turun Tangan Memantau

JAKARTA - Polri menyatakan telah menyiapkan langkah antisipasi terkait rencana Reuni 212 di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, atau sebelah Monas. Langkah antisipasi itu berkaitan dengan kerumunan.

"Polda Metro sudah mengantisipasi kegiatan tersebut," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Rabu, 24 November.

Tak hanya tingkat Polda, lanjut Dedi, Markas Besar (Mabes) Polri juga akan memantau semua proses penanganan aksi tersebut. Hanya saja tak dirinci perihal skema pengamanan.

Alasannya, teknis pengamanan kegiatan Reuni 212 berada di tingkat wilayah. Sehingga, tanggung jawab berada di Polda Metro Jaya.

Di lain sisi, Dedi mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin. Terutama dalam menerapkan protokol kesehatan. Sebab, penyebaran COVID-19 masih terus terjadi.

"Untuk masyarakat harus menerapkan prokes khususnya menggunakan masker dan tetap bersama menjaga sit kamtibmas Jakarta," tandas Dedi.

Diberitakan sebelumnya, Persatuan Alumni (PA) 212 berencana kembali menggelar reuni 212 pada 2 Desember 2021. Namun, kegiatan ini tak digelar di Monumen Nasional (Monas).

Sekjen PA 212 Novel Bamukmin menyebut rencananya, Reuni 212 akan digelar di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Lokasi ini tepat di sebelah Monas.

"Rencananya digelar di Patung Kuda," kata Novel Bamukmin dalam pesan singkat kepada VOI, Selasa, 23 November.

Meski demikian, Novel menyebut persiapan pelaksanaan Reuni 212 masih dimatangkan oleh panitia penyelenggara kegiatan tersebut.

"Semua masih proses penggodokan. Nanti kalau sudah fix, kami akan kirim rilis resminya," ujar Novel.