Apple Mulai Jual Suku Cadang dan Buku Manual yang Memungkinkan Pengguna Bisa Lakukan Perbaikan Sendiri

JAKARTA – Apple Inc pada Rabu 17 November mengatakan bahwa untuk pertama kalinya mereka akan mulai menjual suku cadang dan alat kepada masyarakat umum untuk melakukan perbaikan sendiri pada beberapa komputer iPhone dan Mac.

Program perbaikan swalayan ini muncul setelah bertahun-tahun adanya tekanan dari kelompok konsumen yang telah mengakibatkan Apple menyediakan akses yang lebih besar ke manual perbaikan dan suku cadang asli.

Pada tahun 2019, Apple memulai program di mana bengkel independen dapat membeli suku cadang, peralatan, dan buku manualnya. Apple mengatakan sekarang ada 2.800 toko independen dalam programnya selain 5.000 penyedia perbaikan resminya.

Di bawah program swalayan, pelanggan Apple akan dapat membeli suku cadang tersebut secara langsung untuk melakukan perbaikan sendiri setelah membaca buku manual. Apple mengatakan toko online akan memulai dengan sekitar 200 suku cadang dan alat yang ditujukan untuk memperbaiki masalah paling umum dengan tampilan, baterai, dan kamera pada model iPhone 12 dan 13.

Program ini pada akhirnya akan diperluas ke komputer Mac yang menggunakan chip M1 Apple dan kemudian ke perbaikan yang kurang umum. Pelanggan akan ditawari harga suku cadang dan alat yang sama dengan bengkel independen dan akan dapat mengembalikan suku cadang bekas mereka ke Apple setelah menyelesaikan perbaikan untuk menerima diskon.

Apple mengatakan program itu akan dimulai awal tahun depan di Amerika Serikat dan diperluas ke lebih banyak negara pada akhir tahun ini.