Apple Resmi Luncurkan Toko Sewa Alat <i>Online</i> untuk Perbaiki iPhone Sendiri di Rumah
Apple baru saja meluncurkan Toko Perbaikan Servis Mandiri. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna iPhone kini bisa memperbaiki perangkat mereka sendiri dengan harga yang jauh lebih murah, karena Apple baru saja meluncurkan Toko Perbaikan Servis Mandiri.

Program yang awalnya diperkenalkan akhir tahun lalu ini memungkinkan pengguna iPhone 12, iPhone 13 dan SE generasi ketiga melakukan perbaikan sendiri di rumah mereka dengan alat yang disediakan Apple untuk disewa.

Apple mengatakan Amerika Serikat (AS) menjadi yang pertama dalam peluncurannya, dan rencananya Eropa akan menjadi negara selanjutnya. Tidak diketahui pasti apakah Toko Perbaikan Servis Mandiri ini juga akan hadir di negara lainnya.

Pelanggan bisa mengakses Toko Perbaikan Servis Mandiri melalui website resminya, di sana mereka akan memiliki akses ke lebih dari 200 suku cadang dan peralatan individual. Pada awalnya, toko baru hanya menyertakan alat untuk jajaran iPhone 12‌, iPhone 13‌ dan iPhone SE‌ generasi ketiga.

Namun, Apple berencana untuk memperluas toko dengan alat, manual, dan suku cadang untuk Mac dengan chip silikon Apple akhir tahun ini.

"Untuk melakukan perbaikan, pelanggan pertama-tama harus meninjau manual perbaikan untuk produk mereka dan perbaikan spesifik di situs web dukungan Apple. Setelah itu, mereka akan dapat memesan suku cadang dan alat yang diperlukan dari Toko Perbaikan Servis Mandiri dan memulai perbaikan," ungkap Apple.

"Semua alat dan suku cadang yang ditawarkan di toko menjalani pengujian ekstensif untuk memastikan kualitas, keamanan, dan keandalan tertinggi," imbuhnya.

Melansir Digital Trends, Kamis, 28 April, raksasa teknologi asal Cupertino, AS itu akan menagih pelanggan 49 dolar AS setara Rp708 ribuan untuk satu kali akses sewa alat. Sementara Apple juga menawarkan akses ke pembelian suku cadang dan alat bagi mereka yang lebih memilih akses permanen.

Terakhir, perusahaan juga menawarkan pembelian untuk suku cadang tertentu jika dikembalikan untuk didaur ulang. Seperti banyak perusahaan teknologi lainnya, Apple bangga menggunakan sejumlah besar suku cadang daur ulang dalam produknya.