Jelang WSBK Mandalika, MGPA Matangkan Persiapan Marshal

JAKARTA - Menjelang bergulirnya Word Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku promotor kembali menggelar latihan untuk ratusan marshal. Hal itu dilakukan sebagai persiapan akhir sebelum berlangsungnya kompetisi tersebut.

"Hari ini semua Marshal mengikuti latihan untuk persiapan WSBK Mandalika," kata Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA Happy K Harinto di lokasi latihan di Sirkuit Mandalika, Selasa, 16 November dikutip dari Antara.

Sumber yang sama juga menyebut bahwa sebelum sesi latihan dimulai, ratusan marshal dikumpulkan dan kemudian beberapa dari mereka ditunjuk menjadi koordinator. Para koordinator ini kemudian diberikan pengarahan terkait dengan tugas marshal ketika balapan berlangsung.

Selanjutnya, mereka akan melakukan latihan langsung di Sirkuit Mandalika sesuai dengan tugas dan fungsinya. Di antaranya ada yang bertugas sebagai pengendara motor taksi, pengangkat bendera dan petugas yang mengawasi berlangsungnya balapan.

Pelatihan yang digelar sebelum bergulirnya balapan ini memang sengaja dijadwalkan demi mematangkan persiapan marshal yang harus fokus saat bertugas.

Terlepas dari persiapan marshal, Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah memastikan balapan yang sempat tertunda karena kesalahan teknis ini akan digelar bersamaan dengan ajang World Superbike (WSBK).

"Persiapan Sirkuit tidak ada masalah, pembangunannya sesuai dengan aturan dan standar yang ditetapkan oleh FIM," katanya.

Untuk mendukung ajang balapan tersebut, MGPA juga telah menyiapkan infrastruktur jalan beserta sarana dan prasarana kelengkapan sesuai dengan standar internasional. Sedangkan untuk penyusunan jadwal balap hal itu merupakan wewenang dari Dorna Sports.

"Penyiapan marshal menjadi tanggung jawab IMI selaku regulator olahraga otomotif di Indonesia. Kami berharap doa dan dukungan dari semua pihak agar semuanya dapat berjalan lancar," tandasnya.