Plt Walkot Medan Akhyar Nasution Positif COVID-19, 2 Kadis Ikut Kena

MEDAN - Tak hanya Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, dua orang kepala dinas di Pemko Medan juga dinyatakan terinfeksi COVID-19. Tim medis kini menelusuri orang-orang yang pernah kontak dengan kedua kadis.

“Sampai saat ini kadis ya, ada 2 orang, kadis Tenaga Kerja, Kadis Kebersihan dan Pertamanan, kalau staf ada juga, paling tidak kepala bagian,” kata Kadis Kesehatan Medan Edwin Effendi kepada wartawan di Medan, Rabu, 5 Agustus.

Pihak Pemko Medan akan melakukan tes swab terhadap sejumlah ASN yang pernah kontak erat dengan pejabat yang positif COVID-19. 

Penelusuran ini sebelumnya juga dilakukan terhadap Akhyar dan sejumlah ASN. Hasil tes swab, keluarga Akhyar dinyatakan negatif COVID-19.

Sementara itu terkait penanganan COVID-19 secara nasional, Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyiapkan fatwa untuk vaksin. 

"Kita berdoa semoga upaya pemerintah dalam menyegerakan tersedianya vaksin dapat terwujud, dan dalam kaitan ini kita harapkan MUI perlu mempersiapkan fatwanya,” kata Ma’ruf, dikutip Antara, Rabu, 5 Agustus.

Fatwa menurutnya dapat dijadikan panduan bagi umat ketika banyak penyesuaian yang harus dilakukan di tengah pandemi. Pandemi belum berakhir sampai vaksin COVID-19 ditemukan dan aman digunakan masyarakat.

"Fatwa dapat memberikan bimbingan dan tuntunan bagi umat untuk melakukan penanggulangan dan mengatasi dampak pandemi COVID-19, karena fatwa yang benar akan senantiasa berorientasi pada kemaslahatan dan tidak menyulitkan," kata Ma’ruf.