Positif COVID-19, Akhyar Nasution Kabarkan Kondisi Alami Badai Sitokin
Akhyar Nasution/kanan (DOK. Malo M/VOI)

Bagikan:

MEDAN - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution menceritakan kondisi kesehatannya setelah dinyatakan positif COVID-19. Akhyar menyebut kondisinya semakin membaik

“Syukur alhamdulillah kondisi saat ini semakin membaik. Rasa demam, batuknya sudah mulai menghilang,” kata Akhyar dalam video rekaman, Jumat, 7 Agustus.

Akhyar mengatakan, dirinya sudah menjalani dua kali tes swab dengan hasil negatif virus corona baru. Baru pada tes ketiga, Akhyar dinyatakan positif COVID-19.

Akhyar menyebut dirinya mengalami badai sitokin. Badai sitokin menurut dia, merupakan kondisi partikel koordinasi antibodi yang melakukan lompatan dari bagian bawah paru-paru ke bagian tengah dan atas.

“Inilah yang menyebabkan saya menjadi positif,” katanya.

Rencananya Akhyar akan menjalani tes swab ulang pada 13 dan 14 Agustus. Akhyar memohon dukungan untuk tindakan medis yang dijalaninya

“Mohon doa dukungan dari seluruh kawan-kawan, sahabat-sahabat, Insya Allah saya dapat pulih kembali,” tuturnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Medan, Edwin Effendi mengatakan, Akhyar Nasution mulanya mengalami demam pada Senin, 3 Agustus. Akhyar saat itu juga langsung memeriksakan diri ke rumah sakit.

“Sorenya dilakukan swab, dan Selasa pagi hasilnya positif,” kata Edwin kepada wartawan di Medan, Rabu, 5 Agustus.

Setelah Akhyar dinyatakan positif COVID-19, tim medis langsung melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat. Hal ini juga dilakukan terhadap keluarga Akhyar.