Jangan Ditiru, Bocah Laki-laki di Labura Sumut Ini Nekat Tangkap Buaya

MEDAN - Video anak laki-laki menangkap seekor buaya viral di media sosial. Aksi nekatnya itu dilakukan di aliran sungai di Dusun III, Parit Minyak, Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Kuo, Labuhanbatu Utara Labura), Sumatera Utara. 

Video aksi nekat anak menangkap buaya diunggah akun Instagram @potretlabura. Dalam video itu, terlihat seorang anak laki-laki yang menangkap dan mengikat mulut buaya tersebut bersama beberapa temannya. Jangan ditiru!

Anak itu terlihat tenang dan tak canggung saat menghadapi buaya tersebut. Setelah menangkap buaya itu, anak tersebut kemudian melepasliarkan buaya tersebut. 

Terpisah, Kepala Seksi Konservasi BBKSDA Wilayah III Kisaran, Alfianto Luat Siregar saat dikonfirmasi wartawan membenarkan video yang viral itu. Ia mengatakan, peristiwa itu terjadi Minggu, 7 November. 

"Itu jenis buaya sinyulong atau buaya ikan. Disana memang habitatnya. Kalau di Aek Kuo mayoritas buaya sinyulong. Kita juga pernah menangani buaya di Aek Kuo," ujar dia, Selasa, 9 November.

Selama ini, menurut Alfianto, jenis buaya ini belum pernah menyerang masyarakat di daerah sana. Hal itu dikarenakan, buaya tersebut pemakan ikan. 

"Buaya tersebut jenis buaya yang dilindungi sesuai PermenLHK No. 106/2018. Kita juga sudah sering kita kesana. Koordinasi dengan BPBD dan Polsek terkait satwa liar dilindungi," ungkapnya. 

Dia menduga, buaya tersebut naik ke permukaan karena musim penghujan menyebabkan debit air sungai meningkat. 

"Karena musim penghujan, jadi naik atau tersesat ke perkebunan sawit. Jenis buaya sinyulong belum pernah menyerang masyarakat. Kalau pun ada buaya muara, biasanya terikut luapan dari sungai lain seperti Sungai Kualuh," kata Alfianto.