Kabar Baik dari Survei Bank Indonesia: Keyakinan Konsumen Naik Ke Level Optimis Seiring Pelonggaran Mobilitas

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa terjadi peningkatan keyakinan konsumen pada Oktober 2021 berdasarkan hasil survei yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono mengatakan pada indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2021 yang tercatat sebesar 113,4, meningkat dari 95,5 pada September 2021 dan diklaim kembali berada pada area optimis (lebih dari 100).

“Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat sejalan dengan membaiknya mobilitas masyarakat,” ujarnya dalam keterangan pers, Senin, 8 November.

dan kelompok usia responden. Secara spasial, IKK meningkat di hampir seluruh kota yang disurvei, tertinggi di kota Banten, diikuti Makassar dan Banjarmasin.

“Kenaikan IKK terutama didorong oleh membaiknya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi terpantau membaik terutama persepsi terhadap lapangan kerja dan penghasilan saat ini,” tuturnya.

Erwin menyebut perkembangan itu dipengaruhi oleh membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat, seiring pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas di berbagai wilayah Indonesia sebagai dampak respons penanganan COVID-19 yang makin baik.

Adapun, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga terpantau menguat dan terus berada pada area optimis.

“Penguatan ekspektasi konsumen didukung oleh kenaikan pada seluruh aspek pembentuknya, yaitu ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja, dan ekspektasi kegiatan usaha,” tutup Erwin.