Ternyata Menghapus Aplikasi Latar Belakang Android Tidak Ada Efeknya, Begini Penjelasannya!

YOGYAKARTA - Ada banyak pengguna ponsel yang menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background Android, karena ingin membuat kinerja perangkat tetap stabil dan lebih cepat.

Pengguna ponsel biasanya menghapus tab aplikasi yang sebelumnya dibuka, karena menganggap hal itu dapat meningkatkan performa ponsel saat digunakan. Namun, hal itu dianggap tidak memberi efek apapun terhadap kinerja ponsel Anda, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Dikutip dari MakeUseof, pengguna ponsel disarankan untuk menutup aplikasi latar belakang Android ketika aplikasi tersebut tidak dapat digunakan atau mengalami freeze, sehingga Anda dapat menutupnya untuk mengurangi jumlah tab yang muncul.

Selain itu, tidak ada dampak signifikan saat Anda menghapus atau menutup aplikasi latar belakang atau background di ponsel Anda. Adapun alasan pengguna tidak perlu melakukan hal tersebut adalah sebagai berikut.

Tidak Berdampak pada Pemakaian Baterai

Salah satu mitos yang menjadi alasan pengguna menutup aplikasi background di ponsel mereka karena dianggap mempengaruhi pemakain daya atau baterai Android.

Namun, aplikasi background bukanlah sebab baterai Anda cepat habis dan menutupnya tidak akan memberi dampak apa pun terhadap masa pemakaina baterai Anda.

Pasalnya, Android telah melakukan perbaikan selama bertahun-tahun untuk membuat pemakaian baterai ponsel lebih efektif. Mereka pun telah membuat sejumlah fitur seperti istirahatkan otomatis saat aplikasi yang ada di ponsel Anda tidak digunakan.

Dalam sejumlah kasus, menghapus aplikasi latar belakang justru membuat daya baterai Anda lebih cepat habis. Pasalnya, saat Anda membuka aplikasi yang sama beberapa waktu kemudian akan memerlukan daya yang lebih besar.

Tidak Mempengaruhi Penggunaan Data

Selain untuk menghemat daya atau baterai ponsel, mitos lain yang membuat pengguna menutup atau menghapus aplikasi background di Android karena dianggap menguras lebih banyak data internet.

Padahal, menghapus aplikasi background atau tidak penggunaan data internet Anda akan tetap sama ketika ada pemberitahuan baru yang masuk ke dalam ponsel Anda. Sementara jika tidak ada pemberitahuan yang masuk, amak data internet Anda tidak akan digunakan.

Apabila Anda ingin menggunakan aplikasi latar belakang tidak menyerap lebih banyak data internet, Anda dapat membatasinya dengan melakukan pengaturan di menu "Setting" dan pilih aplikasi yang ingin Anda batasi penggunaan datanya.

Aplikasi yang Tidak Perlu Ditutup Otomatis oleh Android

Sistem operasi Android akan secara otomatis menutup aplikasi yang tidak berfungsi. Hal itu membuat aplikasi background yang tidak Anda jalankan secara otomatis di nonaktif sehingga tidak menggunakan daya baterai dan data internet di ponsel Anda.

Oleh karenanya, pengguna tidak perlu khawatir mengenai aplikasi background atau latar belakang akan membuat daya baterai atau data internet Anda jadi boros.