John Cena Akui Kesalahan  dalam Memasarkan NFT WWE, Ini Penyebabnya
John Cena, pegulat WWE akui kegagalan dalam penjualan NFT. (foto: wwe)

Bagikan:

JAKARTA – Pegulat profesional sekaligus aktor, John Cena, mengatakan penggemar hanya membeli 7,4% dari World Wrestling Entertainment, atau WWE, token nonfungible (NFT) yang dia sediakan bulan lalu.

Berbicara di Florida Supercon 2021 pada 12 September, Cena mengatakan itu adalah kesalahan untuk memasarkan NFT WWE-nya sebagai bagian dari paket dengan koleksi fisik, seperti topi, kemeja, gelang, ikat pinggang, handuk, gambar bertanda tangan, dan koleksi digital lainnya. Organisasi tersebut menawarkan 500 paket tingkat emas dengan NFT seharga 1.000 dolar AS, tetapi hanya sebagian kecil yang terjual.

“Saya banyak berbicara tentang kegagalan – ide ini gagal,” kata Cena. “Saya dan orang-orang di WWE berpikir 1.000 dolar AS adalah harga yang wajar. Tapi kami salah. Kami benar-benar salah.”

“Kami menjual 37 di antaranya. Itu adalah kegagalan yang sangat fatal,” ujar Cena.

Cena dan WWE merilis dua tingkat NFT untuk bintang gulat: lelang 24 jam "John Cena Platinum NFT" dan 500 NFT edisi terbatas sebagai bagian dari paket koleksi fisik yang disebutkan di atas pada hari berikutnya. NFT platinum dilaporkan dijual seharga  21.000 dolar AS, dengan penawar tertinggi menerima tiket VIP beserta akomodasi  untuk menonton ke WrestleMania 38 di Dallas atau WrestleMania 39 di Los Angeles.

Veteran WWE itu mempromosikan ruang crypto di media sosial jauh sebelum lonjakan popularitas atas NFT. Sebelum kenaikan Bitcoin (BTC) pada tahun 2017, ketika harganya berada di 4.000 dolar AS, dia men-tweet gambar token fisik. Pensiunan pegulat profesional The Undertaker, yang juga menjadi bagian dari WWE hingga 2020, bahkan telah ditampilkan dalam koleksi NFT.

Tidak jelas apakah penggemar gulat terhalang oleh harga NFT tersebut. Cena sendiri, memperkirakan karya seni digital itu sebenarnya hanya bernilai sekitar 500 dolar AS.

Pada bulan Juli, seorang pengusaha meluncurkan lelang simultan untuk lamaran pekerjaan dari salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, dan NFT yang sama. Kertas fisik akhirnya dijual seharga 343.000 dolar AS, sedangkan tawaran akhir untuk NFT adalah 12 Ether (ETH), atau sekitar 27.460 dolar AS pada saat itu.