JAKARTA - Asam lemak yang terdapat pada daging sapi, domba dan produk susu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker, demikian temuan para peneliti.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal 'Nature' menemukan asam trans-vaccenic (TVA) dapat menonaktifkan reseptor yang terlibat dalam mengatur respons imun, mengubah cara sistem kekebalan bertindak melawan sel kanker.

Tim yang dipimpin oleh Dr. Jing Chen, Profesor Kedokteran Janet Davison Rowley Distinguished Service di Universitas Chicago, berfokus pada efek TVA pada sel kekebalan.

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan tingginya konsumsi daging merah dan daging olahan dengan peningkatan risiko jenis kanker tertentu, terutama kanker kolorektal.

Namun, para peneliti memperingatkan agar tidak meningkatkan konsumsi daging merah dan susu. Sebaliknya, fokusnya harus pada nutrisi itu sendiri, mungkin dalam bentuk suplemen.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang seimbang mungkin baik untuk kesehatan," terang Dr. Chen dikutip dari The National News 15 Desember.

Ilustrasi daging. (Unsplash/emersonvieira)

Berbicara kepada The National, Dr Chen mengatakan penelitian ini menunjukkan untuk pertama kalinya, TVA dapat mematikan reseptor spesifik (GPR43) pada permukaan sel.

Dijelaskan, reseptor ini biasanya merespons zat tertentu yang diproduksi oleh bakteri di usus manusia. Dengan menonaktifkan reseptor ini, TVA dapat mengubah cara kerja sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu melawan kanker.

"Ada banyak penelitian yang mencoba menguraikan hubungan antara pola makan dan kesehatan manusia. Dengan berfokus pada nutrisi yang dapat mengaktifkan respons sel T, kami menemukan nutrisi yang benar-benar meningkatkan kekebalan anti tumor," jelas Dr. Chen.

Laboratorium Dr. Chen, bersama dengan rekan pascadoktoral Hao Fan dan Siyuan Xia, yang merupakan penulis pertama penelitian ini, memulai dengan menganalisis sekitar 700 metabolit turunan makanan, molekul kecil yang dihasilkan dari pemrosesan makanan oleh tubuh.

Ilustrasi daging. (Unsplash/emersonvieira)

Penelitian mereka memusatkan perhatian pada 235 molekul bioaktif, yang pada akhirnya mengidentifikasi TVA sebagai kandidat utama untuk meningkatkan kekebalan anti tumor.

TVA, yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan banyak terdapat dalam ASI, sebagian besar masih tidak terpecah dalam aliran darah.

"Itu berarti pasti ada hal lain yang bisa dilakukannya, jadi kami mulai mengerjakannya lebih lanjut," tambah Dr. Chen.

Eksperimen selanjutnya dengan model sel dan tikus menunjukkan, pola makan yang diperkaya TVA secara signifikan mengurangi pertumbuhan tumor pada sel melanoma dan kanker usus besar.

"Sebagai komponen makanan alami, TVA memiliki potensi translasi yang tinggi untuk digunakan sebagai elemen makanan atau suplemen pengobatan dalam pendekatan terapeutik untuk memperbaiki hasil klinis," katanya kepada The National.

Ilustrasi daging. (Unsplash/emersonvieira)

"Misalnya, kombinasi TVA dan inhibitor pos pemeriksaan kekebalan tubuh dapat diuji untuk meningkatkan imunoterapi dalam mengobati pasien kanker," tandasnya.

Dr. Justin Kline, ahli onkologi medis di Universitas Chicago, menganalisis sampel darah dari pasien yang menjalani imunoterapi sel CAR-T untuk limfoma, mencatat tingkat TVA yang lebih tinggi berhubungan dengan respons pengobatan yang lebih baik.

Selain itu, Prof Wendy Stock, profesor kedokteran-hematologi dan onkologi, mengamati peningkatan efek obat imunoterapi pada sel leukemia dengan adanya TVA.

"Masih banyak hal yang belum kita ketahui, misalnya pemahaman komprehensif tentang beragam fungsi fisiologis dan patologis dari setiap nutrisi dari makanan yang berbeda masih belum tersedia," ungkap Dr. Chen.

"Berfokus pada bioaktivitas nutrisi daripada makanan individual mungkin lebih penting, dan mengonsumsi suplemen dengan nutrisi bioaktif yang diperkaya kemungkinan besar lebih efisien daripada mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut."

Dr. Chen juga mengisyaratkan kemungkinan manfaat serupa dari asam lemak yang berasal dari tumbuhan.

Penelitian, termasuk studi epidemiologi skala besar, sering kali menunjukkan tingginya konsumsi daging olahan (seperti sosis) dan daging merah (seperti daging sapi dan domba) dikaitkan dengan peningkatan risiko jenis kanker tertentu, terutama kanker kolorektal.

Diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan daging merah sebagai karsinogen Grup 2A, yang menunjukkan bahwa daging merah mungkin bersifat karsinogenik bagi manusia.

Klasifikasi ini didasarkan pada bukti yang menunjukkan, daging ini dapat menyebabkan kerusakan DNA dan meningkatkan risiko kanker, yang kemungkinan disebabkan oleh zat yang terbentuk selama pemrosesan atau pemasakan pada suhu tinggi. Ada juga beberapa bukti, konsumsi daging yang tinggi dapat memengaruhi bakteri usus sehingga berkontribusi terhadap risiko kanker.