Kini, Pasien Isoman Hasil Tes Antigen Positif COVID-19 Bisa Dapat Layanan Telemedisin
Ilustrasi/Foto: PIXABAY

Bagikan:

JAKARTA - Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan, Setiaji menyebut pemerintah telah membuka layanan telemedisin gratis untuk pasien isolasi mandiri (isoman) yang tekonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes antigen.

Sebelumnya, layanan telemedisin baru melayani pasien isoman dari hasil tes swab RT-PCR. Kini, layanan konsultasi dokter dan pengiriman paket obat gratis ini bisa digunakan pasien dengan hasil pemeriksaan RDT Antigen positif COVID-19.

"Kami menambahkan fitur lain di layanan telemedisin. Kita juga akan mengcover pasien yang melakukan tes lab antigen yang positif," kata Setiaji dalam keterangannya, Kamis, 17 Februari.

Setiaji mengungkapkan, untuk mendapatkan paket obat gratis dari layanan telemedisin, pasien isoman harus melakukan pemeriksaan RDT-Antigen di fasilitas kesehatan atau laboratorium yang terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.

Sebab, laboratorium harus menginput hasil tes positif ke NAR Antigen Kemenkes, sebelum pasien mendapat pesan mengenai telemedisin dari Kemenkes.

Namun, jika tidak mendapatkan pesan WhatsApp dari Kemenkes, pasien bisa cek NIK secara manual di https://isoman.kemkes.go.id/. Pesan konfirmasi tersebut bisa digunakan untuk konsultasi dokter dan menebus pake obat gratis.

“Saat ini kita sudah mempercepat layanan ini, sehingga maksimal 24 jam sudah sampai di rumah pasien yang melakukan isoman,” tutur Setiaji.

Sebagai informasi, layanan telemedisin hadir untuk mempermudah pasien isoman mendapatkan layanan kesehatan dan akses obat-obatan dengan risiko kesehatan yang minim.

Saat ini total ada 17 platform yang menyediakan layanan telemedisin, yakni Aido Health, Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Paket obat gratis yang akan didapatkan pasien berupa Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet; serta Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200 mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg 40 tab dan parasetamol tablet 500mg jika dibutuhkan.