Antusias Masyarakat Balapan di Ancol Tinggi, dalam Dua Hari 200 Orang Sudah Daftar
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Rizky AP/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut antusias masyarakat dengan street race untuk memfasilitasi aksi balap liar cukup tinggi. Sebab, baru dua hari pendaftaran dibuka, jumlah peserta telah mencapai 200 orang.

"Pendaftaran sudah dibuka sejak 2 hari lalu dan saat ini sudah lebih dari 200 orang yang mendaftar," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Kamis, 13 Januari.

Pendaftaran untuk menjadi peserta dilakukan secara online di loket.com sejak 11 Januari.

Bahkan, antusias masyarakat untuk turut serta tak berpengaruh dengan penerapan biaya pendaftaran. Sebab, untuk mendaftar sebagai peserta diwajibkan membayar biaya administrasi sebesar Rp100 ribu.

"Ada biaya Rp100 ribu tapi di situ sudah termasuk komponen tiket masuk ke area lokasi, motornya, termasuk asuransi jiwa," kata Sambodo.

Nantinya, pelaksanaan street race ini akan digelar pada 16 Januari pukul 09.00 WIB hingga sore. Tapi, tak menutup kemungkinan juga akan diberlakukan pada malam.

"Tapi untuk kegiatan mereka latihan kami atur malam hari," kata Sambodo.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya siap menggelar latihan balap jalanan bersama komunitas "street race" di Ancol Jakarta Utara, Minggu 16 Januari mendatang.

"Konsepnya latihan bersama komunitas, jadi tidak menyiapkan hadiah," kata Sambodo.

Rencananya latihan bersama itu menggunakan format "drag race" dengan trek sepanjang 500 meter dan 300 meter untuk pengereman.

Sambodo mengatakan, sasaran kegiatan ini adalah membentuk wadah bagi para pembalap jalanan untuk membalap dalam situasi terkontrol dengan peningkatan aspek keselamatan.

"Tujuan utamanya adalah kita berupaya agar event seperti ini bisa menghilangkan dan meminimalisir pelaksanaan balap liar di jalan. Kami akan mewadahi mereka di satu tempat dengan meningkatkan faktor keamanan," katanya.