JAKARTA - Aktor Maggie Smith meninggal dunia pada Jumat, 27 September di London. Kabar duka itu disampaikan pihak keluarga melalui sebuah pernyataan.

“Dengan rasa sedih kami mengumumkan meninggalnya Dame Maggie Smith. Dia meninggal dengan tenang di rumah sakit pada pagi ini, Jumat, 27 September,” kata kedua anaknya, Toby Stephens dan Chris Larkin.

“Sebagai seseorang yang tertutup, dia bersama teman-teman dan keluarga di akhir hayatnya. Dia meninggalkan dua anak dan lima cucu yang berduka cita atas kepergian ibu dan neneknya. Kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Chelsea dan Westminster Hospital yang menjaganya hingga hari terakhirnya,” kata mereka.

Maggie Smith dan popularitasnya mulai meningkat di era ‘70-an ketika ia memerankan serial Downtown Abbey dan Masterpiece. Ia memperoleh empat nominasi Emmy dan menang dua di antaranya.

Namanya juga dikenal publik dengan perannya dalam franchise Harry Potter sebagai Professor Minerva McGonagall.

Di panggung teater, nama Maggie Smith lebih bersinar lagi dengan memerankan beberapa judul seperti Mary Mary, Hedda Gabler, Othello, Private Lives, Night and Day, dan lainnya. Dalam perfilman ia juga memerankan California Suite, A Room With a View, Gosford Park dan masih banyak lainnya.

Lahir dan besar di Ilford, Essex, wanita dengan nama Margaret Smith ini belajar teater di sekolah hingga ia bergabung dengan West End dan Broadway.

Ia sempat mengalami kanker payudara pada usia 74 di tengah produksi film Harry Potter. Ia menjalani masa pemulihan dan kembali ke layar lebar.

Kabar ini menjadi duka cita bagi seluruh penggemar dan penonton film termasuk lawan mainnya. Daniel Radcliffe memberi tribut kepada Smith.

“Saya akan selalu menganggap diri saya beruntung bisa bekerja dengan dia, dan menghabiskan waktu dengannya di lokasi. Kata legenda terlalu banyak digunakan tapi jika itu bisa digunakan di industri kita maka itu pantas diberikan kepadanya. Terima kasih, Maggie,” kata Daniel Radcliffe.

Maggie Smith menikah dua kali dan dikaruniai dua anak dan lima cucu. Maggie Smith meninggal pada usia 89 tahun.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)