Bagikan:

JAKARTA - Sean “Diddy” Combs adalah seorang rapper sekaligus pebisnis yang berkarier sejak tahun 1990. Salah satu artis hip-hop terkaya ini terlibat dalam beberapa kasus seksual sejak tahun 2023.

Ia baru ditangkap pada Maret lalu setelah pihak investigator menemukan 1.000 botol baby oil dan pelumas. Temuan ini berhubungan dengan pesta seks serta dugaan pemerasan dan transportasi untuk prostitusi hingga P Diddy dimasukkan ke tahanan.

Berikut kronologi kasus P Diddy yang berjalan sejak tahun lalu:

16 November 2023 - Gugatan Cassie

Dua bulan setelah mendapat penghargaan Global Icon di MTV Video Music Awards 2023, Sean Combs digugat oleh Cassie Ventura, mantan kekasihnya. Cassie menuding mantan kekasihnya melakukan pelecehan selama mereka berhubungan - 11 tahun berpacaran.

Cassie melaporkan Combs atas kekerasan dan pemaksaan berhubungan seks dengan pekerja seks komersial (psk). Ia menyebut Combs memaksanya dan melecehkannya meski dia sudah menolak dan mendorongnya.

Combs membantah tuduhan itu. Ia menulis, “CUKUP. Tuduhan menyakitkan yang diberikan kepada saya demi uang. Saya tekankan, saya tidak melakukan hal yang dituduhkan. Saya akan berjuang untuk nama saya, keluarga saya, dan kebenaran.”

Pada akhirnya, 24 jam setelah dilaporkan, Combs dan Cassie sepakat atas kerugian yang tidak disebutkan. Musisi itu dilaporkan memberi uang hingga delapan digit agar Cassie tidak melanjutkan gugatannya.

23 November 2023 - Mundur dari Revolt

P Diddy kembali digugat oleh beberapa tuduhan pelecehan seksual. Satu dari anonim dan satunya dari wanita bernama Joi Dickerson-Neal yang menuduh pelantun LOVE itu memberi obat dan melecehkan ketika dia menjadi mahasiswi di tahun 1991. Dickerson-Neal menyebut Diddy memiliki rekaman kejadian dan menyebarkan ke beberapa orang di industrinya.

Setelah sederet gugatan itu, Diddy mundur dari perusahaan Revolt. Ia juga lagi-lagi membantah gugatan tersebut termasuk yang terbaru dari seorang perempuan bernama Jane Doe. Doe menyebut Combs menjualnya ketika dia masih berumur 17 tahun.

Sederet kasus ini membuat Diddy mengakhiri kontrak dengan platform streaming Hulu yang merencanakan acara realita tentang keluarganya.

26 Februari 2024 - Gugatan Lil Rod

Produser Rodney Jones menggugat Diddy pada Februari lalu atas pelecehan seksual. Rodney yang memiliki nama panggung Lil Rod mengerjakan album terbaru Diddy, The Love Album: Off the Grid pada tahun 2023. Ia mengungkap Diddy meraba pantatnya dan mencoba membuat dia berhubungan seks dengannya.

Lil Rod juga mengatakan P Diddy memintanya untuk berhubungan seks dengan beberapa orang yang di bawah umur untuk memenuhi nafsu Combs. Ia klaim dirinya pernah terbangun dalam keadaan telanjang di rumah Miami bersama dua psk dan dia yakin dia diberi obat.

25 Maret 2024 - Penyitaan Rumah Diddy

Pihak investigasi keamanan New York melakukan eksekusi penyitaan di rumah Diddy di Miami dan Los Angeles pada 25 Maret. Mereka menduga ada hubungannya dengan perdagangan seks yang sedang diselidiki oleh pihak berwajib. Dari sana terungkap bahwa mereka menyita lebih dari 1.000 botol baby oil dan pelumas yang diduga digunakan untuk pesta seks. Sean Combs meminta pihak pengadilan untuk mencabut kasus Jane Doe karena masa kasus yang sudah terlalu lama.

17 Mei 2024 - Video Kekerasan Cassie Beredar

Pada 17 Mei 2016, Cassie dan Sean Combs bertengkar hingga Combs melakukan kekerasan kepada sang kekasih. Video yang didapatkan CNN International itu memperlihatkan Combs mendorong Cassie ke lantai, menendang dan menariknya di lorong hotel. Ia juga melempar sesuatu ke arah Cassie dan sempat pergi sebelum akhirnya kembali ke Cassie.

Suami Cassie saat ini, Alex Fine buka suara usai video itu beredar. Kasus itu sudah selesai atas kesepakatan Cassie dan Combs. Combs juga menulis permintaan maaf kepada publik.

“Pria yang melakukan kejahatan kepada wanita bukan seorang pria. Pria yang membiarkan itu terjadi, bukan pria sejati. Sebagaimana pria melakukan kekerasan kepada wanita, tolong periksa adik laki-laki, teman-teman, dan keluargamu. Untuk semua wanita dan anak-anak, aku minta maaf kalian tinggal di dunia di mana kalian tidak dilindungi dan tidak merasa setara,” tulis Alex Fine.

16 September 2024 - Diddy Ditangkap

Diddy yang bernama asli Sean Combs ditangkap. Pengacaranya, Marc Agnifilo mengonfirmasi penangkapan itu terjadi pada 16 September 2024. Combs ditangkap atas pemerasan, perdagangan seks, dan transportasi untuk prostitusi.

“Tuan Combs kooperatif dengan investigasi dan dia sukarela pindah ke New York untuk pemeriksaan ini. Tolong tahan penghakiman kalian hingga menemukan faktanya. Ini adalah tindakan seorang pria yang polos tanpa sesuatu yang disembunyikan dan dia akan membersihkan namanya di pengadilan,” kata Marc Agnifilo.

Hakim federal menolak jaminan Diddy sebanyak dua kali setelah Diddy menyatakan tidak bersalah, tapi ia ditahan hingga persidangan selanjutnya. Pengacara minta agar Diddy menjadi tahanan rumah tapi ditolak oleh hakim karena menghindari risiko melarikan diri.