Foxconn Jajaki Produksi Mobil Listrik, Apple Mungkin Tertarik Bekerja Sama
Foxtron Model C, mobil listrik yang sudah diluncurkan oleh Foxconn. (foto: screenrant)

Bagikan:

JAKARTA - Foxconn, salah satu mitra pemasok utama Apple, telah meluncurkan rencana untuk memproduksi mobil listriknya sendiri di bawah nama merek "Foxtron". Secara tradisional, Foxconn (alias Industri Presisi Hon Hai) belum memasuki ruang mobil, tetapi semua itu mulai berubah.

Perusahaan ini memiliki sejarah panjang dalam memproduksi smartphone, tablet, speaker pintar, dan banyak lagi untuk banyak perusahaan, termasuk Google, Microsoft, dan Amazon.

Sumber perusahaan itu telah menyatakan selama beberapa waktu tentang penerapan keahliannya untuk mengembangkan kendaraan listrik (EV), mencatat banyak mobil saat ini di jalan sudah menampilkan serangkaian chip dan fitur pintar.

Foxconn telah menandatangani kemitraan dengan beberapa pembuat mobil selama setahun terakhir, termasuk pengaturan dengan perusahaan EV AS, Fisker, untuk bersama-sama mengembangkan dan memproduksi kendaraan listrik. Secara terpisah, Foxconn juga telah menciptakan sasis dan platform perangkat lunak berpemilik untuk EV-nya sendiri.

Foxconn kini telah memamerkan konsep EV pertama yang dibangun menggunakan platformnya, sebuah SUV yang dijuluki Model C, sedan Model E, dan bus bernama Model T. Kendaraan tersebut diproduksi bersama dengan sesama perusahaan Taiwan Yulon Motor, meskipun mereka membawa merek baru. , Foxtron.

Tidak jelas apakah raksasa rantai pasokan itu berencana untuk membawa EV ke pasar, meskipun Yulon telah mengkonfirmasi itu akan menjadi pelanggan pertama untuk teknologi kendaraan Foxconn.

Sejak Foxconn mengumumkan rencananya untuk memasuki ruang EV, ada spekulasi bahwa ia dapat bekerja dengan Apple untuk membangun mobil yang telah lama dirumorkan. Perusahaan memiliki sejarah panjang, dengan Foxconn memproduksi perangkat Apple selama beberapa dekade. Namun, Apple dilaporkan telah merayu perusahaan lain yang lebih berpengalaman untuk mengerjakan kendaraannya, yang paling terkenal adalah Hyundai dan anak perusahaannya Kia.

Namun, dengan laporan yang mengindikasikan pembicaraan tersebut telah berakhir, Foxconn sekarang mungkin berada dalam posisi yang baik untuk membantu Apple mencapai ambisinya.

Apple terkenal secara khusus tentang desain dan pengoperasian produknya. Ini menjadi sesuatu yang pasti akan diketahui dengan baik oleh Foxconn. Selain itu, dengan Foxconn yang sangat baru di dunia EV, kemungkinan kelenturan mereka bisa menjadi bantuan daripada penghalang bagi Apple.

Pada pameran EV Foxtron, ketua Foxconn Young Liu mengakui bahwa perusahaan dan insinyurnya "tidak tahu cara membuat mobil." Namun, Young mencatat bahwa pembuat mobil bukanlah ahli dalam perangkat lunak atau silikon, yang merupakan sesuatu yang paling pasti dimiliki oleh Foxconn.