Bisnis Stagnan Jadi Alasan GoLife Tutup Beberapa Layanannya
Layanan Ojek Online GoJek (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan ride hailing Indonesia Gojek, berencana untuk menghentikan beberapa layanan dari platform GoLife. Kebijakan ini dilakukan setelah melihat sebagian besar kinerja bisnis dari layanan GoLife yang stagnan.

Setidaknya ada lima layanan GoLife yang akan ditutup, yakni GoGlam, GoFix, GoAuto, GoDaily, GoLaundry dan Service Marketplace. Menurut Head of GoLife, Wesly Simatupang penutupan beberapa layanan tersebut untuk mengoptimalkan satu fokus layanan pada aplikasi mereka. 

"Saat ini, kontribusi layanan GoClean dan GoMassage mencapai hampir 90 persen dari total order di dalam ekosistem GoLife. Sehingga, pengkajian dan pemfokusan ulang perlu dilakukan untuk memastikan pertumbuhan usaha yang berkesinambungan, sekaligus untuk memastikan konsumen tetap dapat menikmati layanan maksimal dari ekosistem GoLife," tulis Wesly dalam keterangan persnya, Rabu, 18 Desember.

Wesly menambahkan meski ada penutupan dari beberapa layanan, GoLife tetap akan menjadikan kesejahteraan mitra sebagai prioritas utama dalam proses ini. Nantinya para mitra GoLife akan diberikan beberapa penawaran dan juga pelatihan.

"Kami telah melakukan sejumlah inisiatif guna memastikan para mitra tetap memiliki opsi mendapatkan penghasilan tambahan, antara lain dengan bergabung menjadi mitra di layanan Gojek lainnya," kata Wesly.

Beberapa inisiatif yang diberikan adalah memberikan kesempatan kepada para mitra untuk mendaftar ke berbagai layanan lain di dalam ekosistem Gojek, mulai dari bergabung sebagai mitra GoRide dan GoCourrier, rekan usaha GoPay, dan GoTix, hingga mitra Usaha Mapan dan memberikan pelatihan dan modal awal bagi mereka yang bergabung menjadi mitra Usaha Mapan, untuk memudahkan mereka memulai usaha baru.

"Khusus, mitra GoFix kami memberikan kesempatan kepada istri mereka untuk dapat mendaftar sebagai mitra Usaha Mapan. Membuka kesempatan untuk dapat masuk ke platform layanan online sejenis lainnya di pasar. Hal ini dilakukan dengan cara memfasilitasi mereka untuk menghadiri Bursa Kerja Mandiri yang diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Talent.id," terangnya.

Sejatinya layanan GoLife pada platform Gojek lahir sebagai bagian dari ekosistem Gojek. Misinya yakni memberikan solusi terhadap permasalahan sehari-hari yang dihadapi konsumen melalui layanan gaya.