Mulai Sekarang, Geekbench Tak Lagi Terima Uji Skor Perangkat yang Belum Dirilis
Geekbench telah lama berfungsi sebagai tempat menentukan skor kinerja perangkat pra-rilis. (foto: geekbench)

Bagikan:

JAKARTA - Primate Labs, pengembang perangkat lunak Geekbench, telah memutuskan untuk berhenti menampilkan hasil benchmark, tetapi hanya perangkat keras yang belum dirilis. Itu artinya, tidak ada lagi skor Geekbench awal untuk perangkat Alder Lake dan semua arsitektur CPU masa di depan, dan perangkat yang belum dirilis secara resmi.

Kabar tersebut dibagikan oleh @BenchLeaks di Twitter, yang menyebutkan halaman di situs web Geekbench sekarang berisi pesan, “Primate Labs mencegah hasil benchmark perangkat keras pra-rilis ditampilkan di Browser Geekbench. Perangkat keras pra-rilis termasuk sampel teknik (ES), sampel kualifikasi (QS), dan perangkat keras ritel yang belum tersedia untuk dijual," tulisnya.

Dikutip dari Digital Trends, Kamis, 7 Oktober, meski mengecewakan, perubahan itu mungkin yang terbaik. benchmark pra-rilis tidak selalu merupakan cara terbaik untuk mengukur kinerja perangkat, bahkan jika skor benchmark tersebut memberi para penggemar sesuatu untuk dicermati saat mereka mengantisipasi peluncuran perangkat keras baru.

Hal ini dibuktikan dari skor benchmark Intel Alder Lake yang bocor dari Geekbench, dan hasil uji coba pada bulan Agustus menunjukkan bahwa chip Core i7-12700 kurang dari AMD Ryzen 7 5800X dalam benchmark single-core dan multi-core. Namun, proses lain pada Core i9-12900K di akhir bulan menunjukkan AMD Ryzen 9 5950X jauh lebih unggul.

Geekbench telah lama berfungsi sebagai tempat menentukan skor kinerja perangkat pra-rilis, dari CPU hingga kartu grafis, dan bahkan smartphone. Primate Labs telah menunjukkan bahwa ia bersedia mengambil langkah-langkah untuk mempertahankan kredibilitasnya.