Jangan Heran! Dokter Mata Gunakan iPhone 13 untuk Periksa Mata Pasien
Ponsel iPhone 13 digunakan oleh doktr mata untuk periksa mata pasiennya. (foto: screenrant)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang dokter di San Diego, seperti dilaporkan oleh screenrant, Kamis 30 September, mulai menggunakan mode lensa Makro pada iPhone 13 Pro untuk melihat mata pasien dengan lebih baik. Fitur populer pada model iPhone Pro baru ini tidak memerlukan perangkat keras khusus dan sangat mudah digunakan.

Ini  menjadikannya cara yang cepat dan mudah untuk memeriksa pasien. Kini pasien tidak perlu terlalu terkejut jika kunjungan dokter mata berikutnya akan menempatkan iPhone beberapa sentimeter dari wajah mereka.

Mode makro benar-benar cukup rapi. Tanpa menggunakan lensa khusus - seperti halnya dengan kamera DSLR - iPhone dapat menghasilkan bidikan yang luar biasa dengan rentang fokus hingga 2 sentimeter. Meskipun bidikan ini tidak dapat diperoleh dengan lensa atau kamera panjang fokus biasa, lensa ultra lebar iPhone 13 Pro berfungsi ganda sebagai lensa makro yang diaktifkan perangkat lunak, karena memiliki aperture f/1.8 dan bidang pandang 120 derajat.

Fitur ini biasanya digunakan untuk menangkap objek yang lebih kecil, seperti bidikan close-up laba-laba atau bunga. Pada dasarnya, jika ukurannya kecil, mode Makro mungkin dapat mengambil foto yang cukup bagus, menambahkan satu alat lagi ke iPhone 13 Pro untuk fotografer yang sedang bepergian.

Penggunaan kreatif lainnya untuk mode ini ternyata adalah bidang medis. Tommy Korn, seorang dokter mata, telah menggunakan iPhone 13 Pro Max untuk membidik secara close-up mata pasien. Di LinkedIn, Dr. Korn menunjukkan foto seorang pasien dengan kornea yang terkelupas. Ia menyoroti hasil sebelum dan sesudah perawatan dalam periode tiga hari.

Dr. Korn menyebutkan di pos lain beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan teknologi semacam ini, seperti bidikan makro jarak jauh yang dikirim dari jarak jauh, alih-alih harus melakukan kunjungan langsung. Penggunaan teknologi ini bisa menjadi gamechanger untuk mendiagnosis situasi dengan cepat dan efektif. Apalagi mode Makro adalah fitur gratis di telepon yang sangat populer itu.

Menggunakan fitur Makro iPhone 13 Pro untuk pemeriksaan mata bisa menjadi cara yang solid dan efektif untuk mendiagnosis pasien dengan cepat. Akan tetapi mungkin ada beberapa kekhawatiran dengan teknik ini. Karena mode Makro iPhone 13 Pro didorong oleh perangkat lunak, mungkin ada argumen yang dibuat bahwa tidak ada tingkat detail setinggi kamera slit lamp profesional yang biasanya digunakan di ruang operasi yang sesungguhnya.

Jika digunakan semata-mata untuk memeriksa pasien, dapat menyebabkan kesalahan diagnosis jika lensa menangkap cahaya yang salah atau pantulan di iris dan kornea menunjukkan beberapa detail bayangan yang sebenarnya tidak ada, bahkan dengan tampilan yang sangat bagus.

Dalam hal ini, ada garis tipis antara menggunakan fitur ini untuk kondisi cepat dan tidak mendesak dan kunjungan darurat di mana detail sangat penting. Sejauh hanya memeriksa pemulihan pasien dari masa operasi, mode Makro sepertinya ide yang sangat berguna. Cepat, mudah, dan memberikan detail yang cukup bagi dokter untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang bagaimana pemulihan berjalan.

Tidak mengherankan jika iPhone, dan teknologi smartphone pada umumnya, telah diadopsi lebih sering di bidang kesehatan, dan bahkan di luar oftalmologi.