Punya Empat Kamera, Xiaomi Redmi 9 Dibanderol Kurang dari Rp2 Jutaan
Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse saat peluncuran Redmi 9 (tangkapan layar presscon virtual)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah meluncur di China, Malaysia bahkan di Eropa kini Xiaomi Redmi 9 telah resmi diperkenalkan pada pasar Indonesia. Xiaomi membawa banyak perubahan pada perangkat terbarunya ini termasuk dari sisi desain.

"Redmi 9 menawarkan fitur kamera, baterai, performa, dan desain terbaik di segmen low-to-mid end. Seperti seri pendahulunya (Redmi 8), kami percaya Redmi 9 akan menjadi tolak ukur baru sebagai smartphone yang memiliki nilai tinggi di kelasnya," ungkap Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse saat peluncuran secara virtual, Selasa, 14 Juli.

Bicara soal desainnya, Redmi 9 menghadirkan ilusi optik berbentuk lingkaran di bagian belakang ponselnya dengan menempatkan tiga susun kameranya secara vertikal. Xiaomi juga menempatkan pemindai sidik jari yang seolah-olah membuat kamera Redmi 9 ada empat.

Modul lainnya, seperti lensa depth of field dan flash LED berada di samping susunan lensa utama. Xiaomi masih mempertahankan desain dot drop, sebagai notch untuk tempat kamera swafoto beresolusi 8MP. 

Layar Redmi 9 juga sudah mengadopsi resolusi Full HD+ dengan kerapatan 2340x1080 pixel berukuran 6,53 inci. Xiaomi juga melindungi panel layarnya dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3

Xiaomi Redmi 9 (dok. Xiaomi Indonesia)

Dapur pacunya, Xiaomi membekali Redmi 9 dengan system on chip (SoC) MediaTek Helio G80 dengan konstruksi teknologi 12nm, octa-core hingga 2.0GHz. Chipset ini dipadankan dengan RAM 4GB LPDDR4X dan memori internal 64GB yang bisa ditambah MicroSD hingga 512GB. 

"Kami membekali chip yang sangat handal ini khusus untuk para gamers. G series ini sudah terbukti mampu memperlancar kebutuhan gaming," ujar Alvin.

Untuk sektor fotografi, Xiaomi membekali Redmi 9 dengan empat kamera belakang dengan konfigurasi kamera utama 13MP, ultra-wide 8MP, makro 5MP, dan sensor depth of field 2MP. Redmi 9 juga mendukung sejumlah fitur kamera dari HDR, cinematic portrait, mode video makro, beauty mode, hingga mode perekaman 1080p di 30 fps.

Redmi 9 juga dibekali baterai berkapasitas 5.020 mAh yang mendukkung pengisian cepat 18W melalui USB Type-C. Untuk fitur lain dan konektivitas, Redmi 9 dibekali beberapa fitur yang jarang dimiliki oleh perangkat lainnya di antaranya, headphone jack 3.5mm, IR Blaster, Wireless FM Radio, dan Bluetooth 5.0.

Redmi 9 hadir dalam tiga warna di antaranya Sunset Purple, Carbon Grey, dan Ocean Green. Ponsel ini dibanderol dengan harga kurang dari Rp2 jutaan, yakni Rp1.749.000 untuk spesifikasi RAM 3GB dan memori internal 32GB. Sedangkan untuk varian tertinggi 4GB/64GB akan dijual dengan harga 1.949.000.