List <i>Smartphone</i> Terkencang Versi Antutu Bulan Juni 2020
Ilustrasi smartphone (Image by Rattakarn_ from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Mencari ponsel yang sesuai keinginan memang tidaklah mudah. Terkadang selain desain, merek maupun kualitas kamera, performa ponsel juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi konsumen sebelum membeli smartphone.

Mengutip GizChina, Selasa 7 Juli, perusahaan pengukur kinerja ponsel, AnTuTu, merilis laporan bulanan terbarunya untuk 10 smartphone dengan performa terbaik di pasaran saat ini. Hasilnya Oppo Find X2 Pro menduduki peringkat pertama sebagai jawaranya dengan skor 608.049 poin.

Peringkat smartphone bulan Juni 2020 (dok. Antutu)

Tepat di bawah Oppo Find X2 Pro, ada Xiaomi 10 Pro dan Oppo Find X2 versi 'reguler' yang bertengger di posisi dua dan tiga dengan skor benchmark masing-masing 598.572 poin dan 590.253 poin. 

Berdasarkan daftar ini banyak diisi oleh perangkat flagship yang dipersenjatai dengan chip terkini buatan Qualcomm, Snapdragon 865, dan dipadankan dengan RAM berjenis LPDDR5. Merk seperti Oppo dan Xiaomi pun merajai klasemen Antutu. 

Sementara itu, ponsel pintar lain yang masuk ke dalam daftar AnTuTu sesuai dengan urutannya adalah Oppo Ace2, iQOO Neo3, Redmi K30 Pro, Realme X50 Pro player version, iQOO 3, Meizu 17 Pro, dan posisi terakhir OnePlus 8 Pro.

Tak hanya smartphone kelas atas, Antutu juga membuat daftar smartphone untuk segmen kelas menengah yang paling cepat performanya. Sayangnya, segmen ini cukup didominasi ponsel-ponsel keluaran Huawei dan Honor yang berbasis chipset Kirin dan Dimensity.

Peringkat smartphone kelas menengah Juni 2020 (dok. Antutu)

Smartphone seri Redmi 10X Pro berhasil menduduki peringkat pertama untuk segmen kelas menengah. Sementara Oppo Reno3 5G harus cukup puas di posisi kedua. 

Peringkat selanjutnya diisi jejeran ponsel yang menggunakan chipset Kirin 985 dan 820, seperti Honor 30, Huawei nova7 Pro, Huawei Nova7, Honor X1, Honor 30S, Huawei Nova7 SE. Oppo Reno4 Pro 5G jadi satu-satunya smartphone dengan chipset Snapdragon 765G yang menutup daftar ini. 

Perlu diingat, ini merupakan daftar peringkat smartphone pada bulan Juni 2020. Statistik ini dibuat berdasarkan hasil smartphone yang beredar di China, bukan dijual untuk pasar global.