Xiaomi Redmi Note 9 dan 9 Pro Jawara Baru Ponsel Rp2 Jutaan
Xiaomi Redmi Note 9 (dok. Xiaomi)

Bagikan:

JAKARTA - Jajaran ponsel Note milik Xiaomi kembali mengejutkan pasar smartphone Indonesia, karena Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro dibanderol dengan harga yang cukup murah dan spesifikasinya yang mumpuni.

Resmi meluncur hari ini, Selasa 9 Juni, Xiaomi menghadirkan ponsel dengan dapur pacu yang sangat memuaskan para fans nya di Indonesia. Apa saja jeroan dari Redmi Note 9 ini, simak rangkuman VOI berikut ini. 

Desain Mewah dan Layar yang Apik

Kedua ponsel Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro memiliki body yang bukan terbuat dari bahan plastik, melainkan kaca. Di samping itu, gawai anyar ini juga dapat tahan percikan air karena Xiaomi menyematkan lapisan Nano-coating pada bagian belakang ponsel.

"(Lapisan) ini sangat penting untuk Indonesia dengan cuaca yang sering hujan. Sehingga kami menambahkan lapisan nano spesial untuk melindunginya dari percikan air," ungkap Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse saat peluncuran live streaming.

Terdapat pula modul yang menampung empat kamera di bagian tengah desain belakang ponsel. Posisi empat kamera ini mirip dengan desain yang diadopsi oleh iPhone 11 Pro Max. Disematkan pula sensor sidik jari tepat di bawah kamera berbentuk elips.

Smartphone Xiaomi Redmi Note 9 (dok. Xiaomi)

Sedangkan layarnya, Xiaomi tak perlu diragukan lagi. Gawai terbaru Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ini mengadopsi layar IPS LCD berukuran 6,67 inci dengan resolusi FHD+ serta perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Layarnya juga didukung dengan HDR10. Terdapat juga lubang punch-hole kamera selfie pada bagian atas layar.

Sektor Kamera

Meski harga yang dibanderol cukup terjangkau, Xiaomi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ini menghadirkan kamera yang cukup menawan bagi para pengguna yang hobi fotografi.

Redmi Note 9 memiliki kamera swafoto dengan sensor 13 MP, sedangkan versi Note 9 Pro disematkan sensor 16 MP.

Disematkan empat kamera, masing-masing kamera kedua ponsel tersebut tidak jauh berbeda, Redmi Note 9 ini memiliki sensor 48 MP Quad Camera (f/1.79), 8 MP Ultra-wide-angle (f/2.2), 2 MP Lensa Macro (f/2.4), dan 2 MP Depth Sensor (f/2.4).

Sedangkan, Redmi Note 9 Pro memiliki konfigurasi kamera utama 64 MP (f/1.89), 8 MP Ultra-wide-angle (f/2.2), 5 MP Lensa Macro (f/2.4), dan 2 MP Depth Sensor (f/2.4).

Redmi Note 9 dibekali chipset Mediatek Helio G85, RAM 4 GB/6 GB, memori internal 64 GB/128 GB, serta baterai dengan kapasitas raksasa 5.020 mAh (fast charging 18W). Ponsel ini cocok bagi para gamer.

"Ini adalah chipset yang luar biasa untuk para gamer. Chipset ini memiliki dual core besar yang bertenaga hingga 2.0GHz. Dan juga didampingi dengan 6 core lainnya yang sangat efisien. Redmi Note 9 adalah ponsel Mediatek Helio G85 pertama di Indonesia dengan skor Antutu lebih dari 200.000," tutur Alvin.

Hasil foto Xiaomi Redmi Note 9 (dok. Xiaomi)

Redmi Note 9 Pro dikendalikan oleh System-on-Chip (SoC) kelas menengah besutan Qualcomm yakni Snapdragon 720G, dipadukan dengan RAM 6 GB/8 GB, memori internal 64 GB/128 GB, dan baterai 5.020 mAh (fast charging 30W).

"Ini pertama kalinya kami menyematkan Snapdragon 700 series, RAM 8 GB, dan pengisian cepat 30W ke lini Redmi Note," jelas Alvin.

Kedua gawai andalan terbaru Xiaomi ini juga mendukung kartu micro SD yang dapat menampung hingga 512 GB, serta menjalankan sistem operasi Android 10 yang sudah memiliki tampilan antarmuka dari MIUI 11. Ponsel ini juga memiliki 3.5mm headphone jack, dan port USB Type-C. Fitur lainnya, gawai ini juga sudah mendukung IR Blaster, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 dan konektifitas NFC yang hanya tersedia di Redmi Note 9 Pro.

Untuk pilihan warna, Redmi Note 9 tersedia dalam tiga varian yaitu Forest Green, Polar White dan Midnight Grey. Sedangkan, Redmi Note 9 Pro, terdiri dari Tropical Green, Glacier White, dan Interstellar Grey.

Xiaomi Redmi Note 9 (dok. Xiaomi)

Dilihat dari desain, dapur pacu bahkan sektor kameranya, harga dari Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ini benar-benar diklaim sangat terjangkau dan murah, siapa sangka bahwa Redmi Note 9 dengan penyimpanan internal 4GB/64GB dibanderol Rp 2,5 juta dan memori internal 6GB/128GB dibanderol Rp 2,9 juta saja.

Sementara, Redmi Note 9 Pro memang agak merogoh kocek yang dalam, karena berbagai upgrade-an dari varian biasa terdapat di ponsel ini. Untuk memori internal 6GB/64GB dijual dengan harga Rp 3,5 juta, sedangkan penyimpanan 8GB/128GB dibanderol Rp 3,9 juta.

Pengguna yang berminat membeli kedua ponsel ini, sudah tersedia sistem pre-order di Lazada, Akulaku, Mi.com, dan Authorized Mi Store hari ini hingga 16 Juni. Sehari selanjutnya, Xiaomi baru melakukan penjualan perdananya.