Gol Luncurkan Taksi Listrik Terbang di Sao Paolo pada 2025, Simak Persiapannya
Taksi listrik terbang akan meramaikan transportasi di Sao Paolo pada 2025. (foto : evtol news)

Bagikan:

JAKARTA - Armada taksi listrik terbang akan lepas landas di Sao Paulo pada tahun 2025. Ini dimungkinkan setelah terjadi kesepakatan antara maskapai Brasil Gol Linhas Aereas Inteligentes dan lessor Irlandia Avolon untuk membeli atau menyewa 250 pesawat.

Gol mengatakan pada hari Selasa bahwa VA-X4 eVTOL, pesawat yang bisa terbang dan mendarat verital ini diproduksi oleh Vertikal Aerospace Inggris. Mereka, akan meningkatkan penawaran regional domestik dan membantu Brasil mencapai tujuan netralitas karbon pada 2050, serta mengangkat saham Gol di Sao Paulo.

"VA-X4 sangat ideal untuk kota seperti Sao Paulo," kata CEO Vertical Aerospace Stephen Fitzpatrick dalam sebuah pernyataan. "eVTOL kami akan mengubah cara kami bepergian di sekitar kota dengan kepadatan penduduk tinggi yang padat lalu lintas."

Avolon, yang telah setuju untuk membeli hingga 500 pesawat dari pabrikan Inggris itu, mengatakan hampir mencapai kesepakatan dengan operator Asia untuk 250 jet yang tersisa, dengan kesepakatan diharapkan dalam 6-12 bulan.

"Saya sepenuhnya mengharapkan kami untuk menempatkan semua 500 pesanan awal kami dalam kerangka waktu itu," kata Chief Commercial Officer Avolon Paul Geaney kepada Reuters. "Kami akan mencari pasar ke Asia setelah Sao Paulo."

Gol mengatakan langkah itu merupakan bagian dari strategi komersialnya untuk berinvestasi di transportasi udara regional. Maskapai ini bermaksud untuk membuka rute baru ke "pasar domestik yang kurang terlayani".

Saham preferen di Gol naik 3,3% pada pukul 15.00 GMT menjadi 19,48 reais, sedangkan indeks Bovespa yang lebih luas naik sekitar 0,8%.

Gol mengatakan dalam pengajuan surat berharga bahwa perusahaan induk yang dimiliki oleh pemegang saham pengendali Gol, Grupo Comporte, akan membiayai transaksi, namun tanpa memberikan angka yang jelas.

“Langkah awal kerja sama baru adalah melakukan studi kelayakan, termasuk sertifikasi pesawat dan analisis infrastruktur yang dibutuhkan,” kata sumber Gol seperti dikutip Reuters.

Avolon, yang mengatakan percaya bahwa taksi terbang dapat dengan cepat memburu penumpang dari pada pesawat. Mereka mengharapkan untuk menyelesaikan proses sertifikasi VA-X4 di Brasil pada tahun 2024.

Vertical Aerospace didukung oleh American Airlines (AAL.O), yang baru-baru ini mengumumkan codeshare eksklusif selama tiga tahun dan investasi ekuitas senilai 200 juta dolar AS di Gol.