Hati-hati! Kelompok APT Mustang Panda Tak Boleh Dianggap Remeh
HoneyMyte alias Mustang Panda telah mengadopsi teknik yang berbeda untuk melakukan serangan. (foto: dok. unsplash )

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah Advanced Persistent Group (APT) yang telah aktif selama beberapa tahun, HoneyMyte alias Mustang Panda telah mengadopsi teknik yang berbeda untuk melakukan serangan selama beberapa tahun terakhir, dan telah berfokus pada berbagai profil penargetan.

Laporan terbaru dari perusahaan keamanan siber Kaspersky yang diterbitkan Juli lalu mengungkapkan, terdapat sekelompok aktivitas yang telah melakukan serangan spionase siber terhadap entitas pemerintah di Myanmar dan Filipina setidaknya sejak Oktober 2020.

Meskipun awalnya memusatkan perhatian mereka pada Myanmar, para aktor ancaman telah mengalihkan fokus mereka ke Filipina. Mereka biasanya mendapatkan pijakan awal dalam sistem melalui email spear-phishing dengan tautan unduhan Dropbox.

Setelah diklik, tautan ini mengunduh arsip RAR yang disamarkan sebagai dokumen Word yang berisi muatan berbahaya. Setelah diunduh pada sistem, malware mencoba menginfeksi host lain dengan menyebar melalui drive USB yang dapat dilepas. Jika drive ditemukan, malware membuat direktori tersembunyi di drive, di mana kemudian memindahkan semua file korban, bersama dengan executable berbahaya.

Pakar Kaspersky mengaitkan aktivitas ini yang dijuluki sebagai LuminousMoth, yang erat dengan kelompok ancaman HoneyMyte, aktor ancaman berbahasa China yang terkenal, sudah lama berdiri, dengan kepercayaan diri sedang hingga tinggi.

HoneyMyte terutama tertarik untuk mengumpulkan intelijen geopolitik dan ekonomi di Asia dan Afrika. Misalnya, dalam serangan sebelumnya yang dilakukan dari pertengahan 2018, aktor ancaman ini menggunakan implan PlugX, serta skrip PowerShell multi-tahap yang menyerupai CobaltStrike. Kampanye ini menargetkan entitas pemerintah di Myanmar, Mongolia, Ethiopia, Vietnam, dan Bangladesh.

Berdasarkan penargetan organisasi pemerintah di Asia dan Afrika, Kaspersky menilai bahwa salah satu motivasi utama HoneyMyte adalah mengumpulkan intelijen geo-politik dan ekonomi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan organisasi untuk tetap aman dari serangan tersebut. Pakar Kaspersky menyarankan seperti dihimpun VOI, Senin, 13 September.

  1. Memberi staf Anda pelatihan kebersihan keamanan siber dasar, karena banyak serangan yang ditargetkan dimulai dengan phishing atau teknik rekayasa sosial lainnya
  2. Melakukan audit keamanan siber terhadap jaringan Anda dan memperbaiki kelemahan yang ditemukan di perimeter atau di dalam jaringan.
  3. Menginstal solusi anti-APT dan EDR, memungkinkan penemuan dan deteksi ancaman, investigasi, dan kemampuan remediasi insiden secara tepat waktu.

Berikan tim SOC Anda akses ke intelijen ancaman terbaru dan perbarui mereka dengan pelatihan profesional secara teratur.

  1. Lengkapi organisasi Anda dengan perlindungan titik akhir yang tepat, layanan khusus dapat membantu melawan serangan profil tinggi.