Instagram Kepo Minta Pengguna Berikan Informasi Ultah, Ini Alasannya
Instagram sudah mewajibkan pengguna baru untuk menambahkan tanggal lahir pengguna. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram akan segera meminta pengguna untuk menambahkan hari ulang tahun mereka. Menurut perusahaan, pembaruan ini bertujuan untuk melindungi remaja di bawah umur yang menggunakan aplikasinya.

Sebenarnya, Instagram sudah mewajibkan pengguna baru untuk menambahkan tanggal lahir mereka pada 2019, tetapi jika Anda adalah pengguna lama, Anda dapat menggunakan aplikasi Instagram tanpa memberikan info tersebut.

Menurut pernyataan resmi perusahaan yang dikutip dari The Verge, Selasa, 31 Agustus, Instagram akan menanyakan ulang tahun pengguna ketika mereka membuka aplikasi, jika mereka belum menambahkannya ke profil. Meski pembaruan ini dapat diabaikan, tetapi jika pengguna ingin terus menggunakan akun mereka, maka ia diwajibkan untuk menambahkan tanggal lahir.

Tujuan utama Instagram meminta tanggal lahir penggunanya adalah, karena mereka akan menyesuaikan berbagai konten yang muncul dengan umur penggunanya. Konten sensitif juga akan dimunculkan apabila pengguna tidak menyematkan informasi ulang tahun mereka.

Pengguna tidak akan dapat lagi melihat postingan ini hingga mereka memberikan tanggal lahir, dan remaja di bawah umur mungkin tidak dapat melihat postingan ini sama sekali.

Di samping itu dari laporan Engadget, perusahaan juga akan menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi ketika pengguna mungkin telah memberikan informasi ulang tahun palsu, dan pengguna akan diminta untuk memverifikasi usia mereka.

"Nantinya, jika seseorang memberi tahu kami bahwa mereka di atas usia tertentu, dan teknologi kami memberi tahu kami sebaliknya, kami akan menunjukkan kepada mereka menu opsi untuk memverifikasi usia mereka. Pekerjaan ini masih dalam tahap awal, dan kami berharap akan terus mengembangkannya," ujar Instagram.

Sebagai informasi, Instagram memang tengah mencoba meningkatkan fitur keamanan dan privasi untuk pengguna remaja. Perusahaan juga mengatakan akan beralih untuk membuat akun remaja yang lebih muda menjadi pribadi secara default, dan membatasi kemampuan pengiklan untuk menargetkan demografis.

Belum lama ini media sosial milik Facebook itu juga memperkenalkan fitur untuk mencegah orang asing dewasa mengirim pesan kepada remaja. Instagram juga sedang dalam tahap awal mengembangkan versi layanannya untuk pengguna di bawah usia 13 tahun, yang telah memicu kekhawatiran dari anggota parlemen dan pejabat lainnya di beberapa negara.