Google, Facebook dan Microsoft , Tiga Raksasa Teknologi yang Jadi “Raja Lobi” di Uni Eropa
Lobi-lobi politik dan hukum, menjadi penting bagi kelangsungan bisnis, perusahaan teknologi AS di Uni Eropa. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA -  Unit Google Alphabet Inc, Facebook Inc dan Microsoft Corp adalah tiga pembelanja lobi terbesar di Eropa dalam pertempuran melawan undang-undang baru  yang bertujuan membatasi kekuatan raksasa teknologi AS. Ini dilaporkan oleh sebuah studi yang dirilis pada Selasa, 31 Agustus.

Studi yang dilakukan oleh kelompok kampanye Corporate Europe Observatory and Lobby Control memperingatkan, upaya semacam itu harus menjadi peringatan bagi pembuat kebijakan di Uni Eropa  untuk lebih meningkatkan rancangan undang-undang dan aturan lobi.

Sektor teknologi bahkan mengalahkan sektor farmasi, bahan bakar fosil, keuangan dan kimia, yang dulu mendominasi percaturan lobi.

“Meningkatnya daya tembak lobi teknologi besar dan industri digital secara keseluruhan mencerminkan peran besar dan berkembang sektor ini dalam masyarakat,” kata studi tersebut.

"Luar biasa dan harus menjadi perhatian bahwa platform dapat menggunakan senjata ini untuk memastikan suara mereka didengar - suara yang berlawanan dan kritis - dalam perdebatan tentang bagaimana membangun aturan baru untuk platform digital," tambah laporan itu.

Studi ini menemukan bahwa 612 perusahaan, grup, dan asosiasi menghabiskan lebih dari 97 juta euro () setiap tahun untuk melobi kebijakan ekonomi digital UE. Data tersebut diserahkan oleh perusahaan ke EU Transparency Register hingga pertengahan Juni tahun ini.

Pengeluaran Google mencapai 5,75 juta euro, diikuti oleh Facebook sebesar 5,5 juta euro, Microsoft sebesar 5,25 juta, Apple  sebesar 3,5 juta, Huawei Technologies Co Ltd  sebesar 3 juta euro dan Amazon.com Inc  di tempat keenam dengan 2,75 juta euro.

Google dan Huawei menjawab bahwa mereka menyerahkan data lobi mereka ke daftar transparansi UE.

"Kami memiliki kebijakan yang jelas untuk melindungi independensi orang dan organisasi yang kami sponsori, termasuk persyaratan untuk mengungkapkan pendanaan," kata Google dalam email kepada Reuters.

Microsoft mengatakan: "Uni Eropa telah dan tetap menjadi pemangku kepentingan penting bagi Microsoft. Kami berusaha menjadi mitra yang konstruktif dan transparan bagi pembuat kebijakan Eropa."

Facebook, Apple dan Amazon tidak segera berkomentar tentang hal itu.

Lobi teknologi berfokus pada dua bagian utama dari undang-undang. Pertama, Undang-undang Pasar Digital mencantumkan hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk raksasa teknologi. Kedua, Undang-Undang Layanan Digital yang mengharuskan perusahaan untuk berbuat lebih banyak untuk mengawasi konten di platform mereka.

Studi tersebut memperingatkan tentang akses industri ke Komisi Eropa, dengan pelobi yang terlibat dalam tiga perempat dari 270 pertemuan pejabat komisi pada dua rancangan undang-undang.

Ini juga mengutip peran yang dimainkan oleh asosiasi perdagangan dan bisnis, think tank dan bahkan partai politik dalam mempromosikan narasi industri teknologi.