Bantuan Kuota Internet Kemendikbudristek Cair Bulan Depan, Pengguna Telkomsel Diimbau Cek Nomor Ponsel
Pelajar dapatkan bantuan kuota internet. (foto: Compare Fibre / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Penyaluran program Bantuan Kuota Internet kepada pelajar dan tenaga pengajar dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah memasuki tahap ketiga.

Program pemerintah itu rencananya akan berlangsung selama periode September hingga November 2021. Distribusi bantuan akan dilakukan pada 11 hingga 15 September 2021, 11 hingga 15 Oktober 2021, dan 11 hingga 15 November 2021. Kuota data internet yang diberikan akan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Berikut rincian penyaluran program Bantuan Kuota Internet periode September hingga November 2021 bagi setiap penerima manfaat:

  1. Peserta Didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendapat 7GB per bulan selama 3 bulan.
  2. Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat 10GB per bulan selama 3 bulan.
  3. Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah mendapat 12GB per bulan selama 3 bulan.
  4. Dosen dan Mahasiswa mendapat 15GB per bulan selama 3 bulan.

Keseluruhan bantuan kuota internet pada tahap ini adalah kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi, kecuali platform yang dibatasi Kemendikbudristek demi pemanfaatan kuota data yang lebih maksimal untuk keperluan belajar mengajar.

Untuk memperlancar penyaluran bantuan kuota, Telkomsel salah satu operator di Indonesia juga mengimbau para penerima manfaat agar memastikan nomor ponsel yang didaftarkan sejak penyaluran bantuan Paket Kuota Data Internet tahap satu di 2020 masih dalam status aktif.

Jika terdapat perubahan nomor ponsel, penerima manfaat dapat berkoordinasi dengan perwakilan sekolah atau institusi pendidikan terkait yang ditunjuk pemerintah setempat.

Bagi penerima manfaat yang belum terdaftar atau ingin memastikan proses verifikasi pendaftaran data dalam program ini juga dapat menghubungi perwakilan sekolah atau institusi pendidikan berwenang melalui aplikasi DAPODIK Kemendikbudristek. Petunjuk teknis penyaluran bantuan dapat diakses di https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Sedangkan pelanggan Telkomsel, dapat melakukan pengecekan status pendaftaran nomor ponselnya dalam program bantuan paket Kuota Data Internet periode September hingga November 2021 dari Kemendikbudristek melalui UMB *363*844# (jika data penerima manfaat sudah diterima Telkomsel), dan untuk mengetahui jumlah kuota data yang sudah masuk dan yang sudah digunakan dapat melakukan pengecekan secara berkala melalui UMB *888# atau aplikasi MyTelkomsel.

Sebagai informasi, dalam keseluruhan periode program Bantuan Kuota Internet, dari seluruh penyedia layanan telekomunikasi bergerak seluler telah menggunakan tarif yang diatur melalui kebijakan yang telah ditetapkan Kemendikbudristek berdasarkan hasil koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI).