Instagram Mulai Pensiunkan Fitur <i>Swipe Up</i>  Minggu Depan
Instagram membatasi opsi tautan Swipe Up hanya untuk pengguna (foto: Gabrielle Henderson / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu Instagram sempat dihebohkan bahwa mereka telah menghapus fitur swipe up untuk membuka situs link eksternal. Mulai minggu depan kebijakan baru perusahaan itu akan diterapkan, dan menggantinya dengan stiker link.

Kabar perubahan itu pertama kali diwartakan The Verge yang dikutip Slashgear, Selasa, 24 Agustus, yang melihat banner baru berisi pengumuman menyoal perubahan itu. Instagram pun telah mengonfirmasi berita tersebut.

Nantinya, pengguna akan bisa menambahkan stiker link ke stories mereka yang bisa diketuk pengguna lainnya untuk membuka situs link eksternal. Jika dibandingkan mekanisme swipe up, penggunaan stiker untuk memuat tautan menawarkan kelebihan tersendiri.

Seperti pengguna bisa memilih aneka bentuk dan ukuran stiker, lalu menempatkannya di mana saja di dalam Stories untuk meningkatkan minat pengikutnya. Kabarnya, Instagram sedang mempertimbangkan untuk menyediakan fitur stiker link bukan hanya untuk kalangan bisnis atau pengguna yang sudah memiliki privilege swipe up saja, tapi juga pengguna lain secara umum.

Sebagai informasi, Instagram sebenarnya sudah mulai menguji coba fitur stiker yang memuat tautan ke website sejak Juni lalu. Namun, Stiker masih akan terbatas pada pengguna tertentu.

Sebelumnya, Instagram membatasi opsi tautan Swipe Up hanya untuk pengguna yang memiliki 10.000 pengikut lebih dan stiker tautan yang akan datang diklaim juga memiliki kebijakan yang sama.