Berkenalan dengan Spesifikasi Mi Pad 5, Mi Pad 5 Pro, dan Mi Pad 5 Pro 5G
Tampilan Mi Pad 5 (TechRadar)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setelah hanya jadi rumor selama dua tahun, raksasa produsen smartphone asal China, Xiaomi akhirnya memperkenalkan model tablet terbarunya. Tak tanggung-tanggung, perusahaan langsung memperkenalkan 3 varian sekaligus. 

Ketiga varian tablet Xiaomi terbaru ini masing-masing bernama Mi Pad 5, Mi Pad 5 Pro, dan Mi Pad 5 Pro 5G. Seperti yang bisa kita simpulkan dari namanya, Mi Pad 5Pro 5G bakal jadi satu-satunya varian yang mendukung teknolog koneksi internet 5G. 

Seri Mi Pad 5 diperkenalkan saat event siaran langsung pada 10 Agustus lalu. Bebarengan dengan dikenalkannya smartphone ultra flagship terbaru milik perusahaan, yakni Mi Mix 4. 

Pendiri sekaligus CEO Xiaomi Lei Jun mengungkapan bahwa ketiga seri Mi Pad terbaru ini sudah bisa dipesan sejak kemarin. Perusahaan memberi waktu hingga 16 Agustus mendatang jika penggemar ingin memiliki tablet canggih anyar ini. 

Seperti diperkirakan, kehadiran tablet Xiaomi terbaru ini menandai dimulainya kompetisi baru dari perusahaan. Pasalnya, produk Mi Pad 5 series akan berkompetisi langsung dengan tablet lain yang sudah lebih mapan –baik secara brand value maupun teknologi. 

Lantas, bagaimana spesifikasi dan harga Mi Pad 5 series? Apakah produk ini memiliki komponen yang dibutuhkan untuk bersaing langsiung dengan raksasa seperti Samsung dan Apple? Lebih lengkap, simak uraian yang sudah dirangkum tim VOI dari berbagai sumber berikut ini.

Spesifikasi Mi Pad 5 series

Saat sesi peluncuran produk, Lei Jun menjelaskan bahwa dua model Mi Pad 5 memang memiliki desain yang serupa. Sedangkan perbedaan yang paling besar terdapat pada varian dengan koneksi 5G, yakni Mi Pad 5 Pro 5G. 

Ketiga tablet anyar ini sama-sama dibekali panel LCD yang mampu menghasilkan refresh rate 120Hz. Ketiga perangkat juga mendapat tambahan cover yang ditambahi keyboard serta sebuah stylus. 

Perbedaan paling kentara terdapat pada bagian System on Chipset. Di mana Mi Pad 5 didukung cip Snapdragon 860, sementara itu Mi Pad 5 Pro dan Mi Pad 5 Pro 5G dibekali cip Snapdragon 870. 

Memori penyimpanan juga sedikit berbeda. Varian Mi Pad 5 dan Pad 5 Pro dibekali dua pilihan penyimpanan internal dengan satu pilihan RAM. Yakni 6GB/128GB dan 6GB/256GB. Sementara itu, varian 5G dibekali penyimpanan yang lebih besar, dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB.

Di sisi daya tahan, perusahaan juga sudah menyiapkan baterai berkapasitas raksasa. Mengutip GSMArena, Mi Pad 5 dibekali berkapasitas 8.720mAh dengan fitur pengisian daya cepat 33W. 

Sementara itu, Mi Pad 5 Pro dibekali baterai dengan kapasitas yang lebih sedikit tapi fast charger jauh lebih kencang. Yakni baterai 8.600 mAh dengan pengisian daya cepat mencapai 67W. 

Sama seperti iPad dengan iPadOS, Xiaomi juga menyiapkan sistem operasi antarmuka mandiri untuk tabletnya ini. Yakni sistem operasi MIUI For Pad. Dan yang mengejutkan, tampilannya benar-benar mirip dengan yang ada di dalam iPadOS!