Ray Dalio, Tetap Pilih Emas Dibandingkan Bitcoin, Ini Alasannya
Bitcoin nilanya masih akan naik atau turun. (foto: executium/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer hedge fund (dana lindung nilai) Ray Dalio mengatakan dia masih “bullish” pada Bitcoin tetapi memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk berinvestasi di emas.

Berbicara kepada CNBC pada 4 Agustus, investor miliarder itu mengaku memiliki “jumlah yang sangat kecil” dari Bitcoin tetapi mengatakan bahwa dia akan memilih emas jika dia harus membuat pilihan di antara keduanya.

"Jika Anda menodongkan pistol ke kepala saya, dan Anda berkata, 'Saya hanya bisa memiliki satu. Saya akan memilih emas,” ucapnya.

Namun dia menambahkan bahwa dia melihat Bitcoin sebagai emas digital dan tetap menjadi cara penting untuk melakukan diversifikasi. “Ada aset tertentu yang ingin Anda miliki untuk mendiversifikasi portofolio, dan Bitcoin adalah sesuatu seperti emas digital,” katanya.

Dalio telah menjadi investor emas jangka panjang, dengan dana lindung nilai Bridgewater-nya telah menggelontorkan lebih dari 400 juta dolar AS ke dalam emas pada kuartal kedua tahun lalu. Pada tahun 2019, ia menulis bahwa menambahkan emas dapat membantu menyeimbangkan portofolio karena dapat mengurangi risiko dan meningkatkan pengembalian.

Penyimpanan properti bernilai seperti emas lebih menarik bagi Dalio yang menganggapnya sebagai lindung nilai alami terhadap inflasi. Bank sentral saat ini menyimpan lebih dari 35.000 metrik ton emas, yang setara dengan sekitar seperlima dari semua emas yang pernah ditambang.

Dalio sebelumnya telah memperingatkan tentang kemungkinan regulasi aset kripto dan bahkan potensi larangan di AS seperti yang terjadi pada kepemilikan emas pada 1930-an. Dalam pikiran Dalio, ada “peluang yang masuk akal” bahwa Bitcoin pada akhirnya dapat dilarang oleh pemerintah federal.

Dia tetap berhati-hati tentang Bitcoin tetapi masih menginginkannya dalam portofolionya untuk tujuan diversifikasi.  “Pada umumnya, saya tidak benar-benar tahu apakah Bitcoin akan naik atau turun. Saya bisa memperdebatkan kedua sisi itu, ” ujarnya.

Pada bulan Mei, dia menyatakan bahwa dia lebih suka membeli BTC daripada obligasi selama wawancara di konferensi crypto Consensus.

Pada saat penulisan ini, emas diperdagangkan pada  1.810 dolar AS/oz setelah kehilangan 4,4% sejak awal tahun. Bitcoin, sebaliknya, naik 36% dibandingkan perdagangan periode yang sama di  39.360 dolar AS menurut CoinGecko.

Miliarder lain yang merenungkan Bitcoin dalam beberapa hari terakhir adalah pemodal ventura Marc Andreessen. Dalam wawancara baru dengan Bloomberg pada  Selasa, 3 Agustus, salah satu pendiri Andreessen Horowitz mengaku terkesan  BTC. “Salah satu hal paling menakjubkan yang pernah saya lihat dan terobosan teknologi mendasari,” ujarnya tentang Bitcoin

Namun laporan tersebut menunjukkan bahwa dia lebih antusias dengan sistem desentralisasi yang dibangunnya. Dia mengatakan "banyak orang terpintar dalam ilmu komputer masuk ke bidang ini." Ia menambahkan bahwa itu mewakili "jenis baru sistem keuangan" di mana orang "mampu membentuk hubungan kepercayaan dalam lingkungan yang tidak dapat dipercaya."