Bagikan:

JAKARTA – Miliarder dan pendiri Bridgewater Associates, Ray Dalio, menyampaikan pandangannya terkait Bitcoin dan emas sebagai pelindung nilai. Dalam wawancara dengan Economic Times, dia menyatakan bahwa aset digital punya potensi yang mengesankan dewasa ini.

Pria berusia 72 tahun itu menilai bahwa Bitcoin yang memiliki pasokan terbatas, menjadikan BTC mirip dengan pelindung nilai dari inflasi sehingga aset digital tersebut dapat diterima oleh berbagai kalangan dan masyarakat global. Dalam hal lindung nilai, Bitcoin memiliki posisi seperti emas.

Meski begitu, Dalio menambahkan bahwa bank sentral tidak menjadikan Bitcoin sebagai aset cadangan. Pasalnya bank sentral melihat sejumlah masalah dalam Bitcoin termasuk masalah privasi dan larangan di berbagai negara.

“Tetap saja, ada masalah dengan mereka. Transaksi dapat dilacak sehingga privasi menjadi masalah. Mereka dapat dikendalikan, mereka dapat ditutup, mereka dapat dibuat ilegal yang cenderung memanfaatkan saat-saat ketika mereka mungkin menjadi ancaman bagi mata uang alternatif. Jadi, saya kira tidak akan dijadikan sebagai cadangan bank sentral karena berbagai alasan,” ujar Dalio.

Kendati demikian, Dalio meyakini bahwa investor harus memiliki aset digital seperti Bitcoin dalam portofolio mereka, dia mencatat bahwa emas melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam melakukan lindung nilai terhadap inflasi.

Dia juga berpendapat bahwa total nilai pasar Bitcoin kurang dari Microsoft, yang membuatnya kurang diinginkan untuk menyimpan kekayaan dibandingkan dengan emas. Melihat potensi aset digital, miliarder tersebut optimistis mengenai pertumbuhan industri kripto dalam 10 tahun ke depan.

“Saya kira lingkungan tempat kita berada adalah lingkungan di mana ada risiko penyitaan politik atau bentuk penyitaan lainnya. Saya pikir emas melakukan pekerjaan yang lebih baik tetapi seperti yang saya katakan, kami memasuki lingkungan baru ini dan itu dapat mencakup NFT dan segala macam hal. Ini adalah pesaing tapi saya pikir dalam hal kualitasnya, bukan pesaing yang baik… Tapi kami akan memikirkannya. Ini akan berkembang selama 5 hingga 10 tahun ke depan,” pungkas Dalio.

Lebih lanjut Dalio memaparkan bahwa ini merupakan bagian dari perubahan lingkungan ekonomi global. Karenanya, dia meyarankan para investor untuk membeli sejumlah aset termasuk kripto, emas, dan aset tradisional.

“Saya pikir itu kesalahan bagi siapa pun untuk hanya memiliki satu, seperti memilih mata uang digital dan tidak memiliki emas atau hanya memiliki emas dan tidak memiliki mata uang digital,” ungkapnya, dikutip dari Bitcoin.com News.