Elon Musk Sebut FSD Akan Membuat Sopir Seperti Operator Lift, Kini Tidak Dibutuhkan Lagi
Elon Musk menyebut, jika di masa depan sopir tak diperlukan lagi seperti halnya operator lift saat ini. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – CEO Tesla Inc. Elon Musk, mengatakan jika pelanggan yang membayar bantuan pengemudi, yang dia klaim suatu hari akan menawarkan pengoperasian kendaraan Tesla yang sepenuhnya otonom, sedang "bertaruh untuk masa depan." Untuk memastikan itu maka ia menyatakan jika Fitur Full Self-Driving (FSD) Tesla perlu bekerja dengan benar.

"Seperti sekarang, apakah masuk akal bagi seseorang untuk berlangganan FSD? Saya pikir itu bisa diperdebatkan," kata Musk.

Musk mengatakan, begitu Tesla dapat membuktikan bahwa sistem itu beroperasi lebih aman daripada rata-rata pengemudi manusia, regulator pemerintah akan mengizinkannya beroperasi. Dia juga membandingkan mobil Self-Driving Penuh dengan lift tanpa operator manusia.

"Dulu, kami memiliki operator lift dengan tombol besar dan mereka mengoperasikan lift dan berpindah antar lantai. Tapi mereka lelah atau mungkin mabuk atau sesuatu atau terganggu dan sesekali, seseorang akan dicukur menjadi dua di antara lantai," kata Musk.

"Seperti itulah situasi yang kita alami dengan mobil otonomi yang akan menjadi sangat aman sehingga justru tidak aman untuk mengoperasikan mobil secara manual, secara relatif," kata Elon Musk.

Tesla bulan ini membuat fitur FSD tersedia melalui langganan bulanan dengan harga 99 dolar AS atau 199 dolar AS, tergantung pada model kendaraannya, sehingga pengemudi dapat mencobanya tanpa membayar harga penuh 10.000 dolar AS di muka untuk opsi tersebut. Tapi jangan berharap harga tersebut akan tetap. Bisa saja akan berubah menjadi lebih mahal. 

"Maksud saya, harga apa pun akan salah, jadi kami akan menyesuaikannya dari waktu ke waktu karena kami melihat proposisi nilai masuk akal bagi orang-orang," kata Musk.

Full Self-Driving saat ini memungkinkan Tesla untuk mengarahkan dirinya sendiri di dalam jalur, melewati mobil lain, parkir, mengemudi sendiri melalui tempat parkir untuk menjemput pemiliknya dan menanggapi lampu lalu lintas dan rambu berhenti. 

Versi Beta dari perangkat lunak yang tersedia untuk sekelompok kecil penguji menambahkan fungsionalitas tambahan yang mencakup kemampuan untuk mengemudi di jalan-jalan kota. Video yang diposting online oleh pemilik telah menunjukkan jauh dari sempurna dalam pengoperasiannya pada tahap ini dan tetap membutuhkan seseorang untuk duduk di kursi pengemudi dan memperhatikan pengoperasiannya.

Sebagian besar valuasi Tesla senilai 650 miliar dolar AS terkait dengan janji perusahaan meluncurkan layanan ride-hailing yang sepenuhnya otonom menggunakan kendaraan pelanggan yang dilengkapi dengan Full Self-Driving.