Google Perbarui Fitur ‘Tentang Hasil Pencarian’, Kasih Alasan yang Lebih Spesifik dari Setiap Pencarian
Hasil pencarian Google (Dok.Istimewa/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Bulan Februari lalu, Google menambahkan fitur Tentang Hasil Pencarian pada platform mesin pencari bikinannya. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengetahui alasan di balik hasil pencarian yang tersaji pada mesin pencari. 

Harapan perusahaan, fitur ini bisa membantu untuk menghasilkan informasi yang sesuai keinginan pengguna. Pasalnya, tak jarang pengguna sering mendapati hasil pencarian yang tak sesuai keinginan. Anda tentu pernah menghadapi hal ini, bukan?

Demi meningkatkan pengalaman pengguna kala berseluncur lewat mesin pencarinya, Google memperbarui fitur Tentang Hasil Pencarian. Perusahaan menambahkan beberapa informasi menarik. 

Salah satunya yakni konteks informasi terkait bagaimana dan mengapa algoritma Google lebih memilih halaman situs tertentu dipilih dan tampil pada halaman hasil pencarian. Lewat penambahan fitur ini, pengguna bisa lebih memahami alasan di balik setiap halaman situs yang tersaji berdasar pencarian dengan kata kunci tertentu. 

Contoh fitur Tentang Hasil Pencarian (Google)

Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Internet menyediakan informasi dalam jumlah yang begitu besar. Sehingga, sulit bagi Anda untuk mendapat informasi yang diinginkan tanpa bantuan alat tettentu. 

Sistem mesin pencari Google dirancang untuk hal itu. Untuk memilah dan memilih kemudian menyajikan informasi yang paling tepat berdasarkan miliaran informasi dari halaman situs yang diproduksi setiap hari. 

Cara Google dalam menentukan informasi yang relevan dan bisa dipercaya berdasarkan kata kunci tertentu melibatkan banyak sekali faktor. Sekilas, memang terlihat kompleks. Tapi, beberapa konsep dasar sebenarnya sederhana –dan bisa berguna bagi pengguna untuk lebih memahami kerja mesin pencari.

Oleh karena itu, lewat penambahan informasi pada ‘Tentang Hasil Pencarian’, Google mengajak pengguna untuk lebih memahami alasan di balik hasil pencarian. Dan terdapat beberapa informasi anyar yang bakal muncul pada fitur ini. Antara lain;

  1. Kata Kunci : Faktor paling penting dan sederhana yang digunakan Google untuk menentukan relevansi dari sebuah informasi ketika halaman situs berisi keyword yang dicari
  2. Istilah yang Berhubungan : Google juga mempertimbangkan istilah yang dinilai berhubungan dengan kata kunci yang diketikkan. Jika Anda mencari “Bagaimana memanggang ikan dalam oven”, maka Google juga akan menampilkan situs yang mungkin berhubungan seperti ‘resep’ dan ‘panggangan’.
  3. Berdasarkan URL : Saat sebuah halaman berisi tautan yang disisipkan pada sebuah kata kunci dan sesuai dengan kata kunci yang diketikkan pengguna, halaman tersebut bisa jadi relevan dengan pencarian. 
  4. Relevansi lokal : Sistem Google juga mempertimbangkan faktor seperti bahasa yang dipakai untuk melakukan pencarian. Juga lokasi serta negara untuk menghasilkan hasil pencarian yang relevan dan sesuai keinginan pengguna.